Posted by: isronax | February 18, 2007

SEJARAH HARI VALENTINE

SEJARAH HARI VALENTINE

valentineEnsiklopedia Katolik menyebutkan tiga versi tentang Valentine, tetapi versi terkenal adalah kisah Pendeta St.Valentine yang hidup di akhir abad ke 3 M di zaman Raja Romawi Claudius II. Pada tanggal 14 Februari 270 M Claudius II menghukum mati St.Valentine yang telah menentang beberapa
perintahnya. Claudius II melihat St.Valentine mengajak manusia kepada agama nashrani, lalu dia memerintahkan untuk menangkapnya.

Dalam versi kedua, Claudius II memandang para bujangan lebih tabah dalam berperang daripada mereka yang telah menikah yang sejak semula menolak untuk pergi berperang. Maka dia mengeluarkan perintah yang melarang pernikahan. Tetapi St.Valentine menentang perintah ini dan terus mengadakan pernikahan di gereja dengan sembunyi-sembunyi ampai akhirnya diketahui lalu dipenjarakan. Dalam penjara dia berkenalan dengan putri seorang penjaga penjara yang terserang penyakit. Ia mengobatinya hingga sembuh dan jatuh cinta kepadanya. Sebelum dihukum mati, dia mengirim sebuah kartu yang bertuliskan “Dari yang tulus cintanya, Valentine.” Hal itu terjadi setelah anak tersebut memeluk agama nashrani bersama 46 kerabatnya.”

Versi ketiga menyebutkan ketika agama nashrani tersebar di Eropa, di salah satu desa terdapat sebuah tradisi Romawi yang menarik perhatian para pendeta. Dalam tradisi itu para pemuda desa selalu berkumpul setiap pertengahan bulan Februari. Mereka menulis nama-nama gadis desa dan meletakkannya di dalam sebuah kotak, lalu setiap pemuda mengambil salah satu nama dari kotak tersebut, dan gadis yang namanya keluar akan menjadi kekasihnya sepanjang tahun. Ia juga mengirimkan sebuah kartu yang bertuliskan “Dengan nama Tuhan Ibu, saya kirimkan kepadamu kartu ini.”
Akibat sulitnya menghilangkan tradisi Romawi ini, para pendeta memutuskan mengganti kalimat “Dengan nama Tuhan Ibu” dengan kalimat “Dengan nama Pendeta Valentine” sehingga dapat mengikat para pemuda tersebut dengan agama Nashrani.

Versi lain mengatakan St.Valentine ditanya tentang Atharid, Tuhan perdagangan, kefasihan, makar dan pencurian, dan Jupiter, Tuhan orang Romawi yang terbesar. Maka dia menjawab Tuhan-Tuhan tersebut buatan manusia dan bahwasanya Tuhan yang sesungguhnya adalah Isa Al Masih. Bahkan saat ini beredar kartu-kartu perayaan keagamaan ini dengan gambar anak kecil dengan dua sayap terbang mengitari gambar hati sambil mengarahkan anak panah ke arah hati yang sebenarnya merupakan lambang Tuhan cinta bagi orang-orang Romawi.

sumber:dari milist tetangga

About these ads

Responses

  1. wat d hell?

  2. matur suwun pawartosipun.

  3. Is it true??

    Bener rak ta??

    ini betul kaga??

  4. oh gitu ya?
    akhrnya w tau jg apa yang dimaksud valentine

  5. OwaLah, jebuL kados niku??!

    thanx y…

    Dah bkin q ngrti skrg…

  6. Wah…coNfuSe!
    Mang co2k bwt DONGENG LUM TIDUR

  7. as a muslim,we should not to celebrate it

    • youre right

  8. HAri Valentine adalah hari yang kontroversi, disamping itu banyak mengundang maksiat dan pergaulan zina

    • Iya bener, saya sependapat sama dia. Hal ini negatif buat para orang muslim, dan secara ga langsung perayaan ini mengajak agama islam untuk mengikutinya. Termasuk tradisi indonesia sendiri saat ini.

    • yup……..betul….betul……betu…….

  9. o ,,gtu too,romantik bnget yooo

  10. what the fu*k is that? trnyta si valentine mati nya cuma sgitu aja? haha. cacad abis.

  11. I hate valentine

    It’s nasrani

  12. wew,,walopn tuh buat umat nasranii,,tetep z qt mst ngehargaiin ituu,,mreka kan jga nghargaiin umat musliim..

    • Setujuuuuu….
      Orank Nasrani kan juga menghargai Umat muslim…
      so,, apa salahnya?????

      • betul bangat itu…..

  13. Stuju,meskipun hr valentine bkn hr yg di rayakan umat muslim.
    But,sbg WNI yg baik qt hrz saling menghargai,agar tercipta kedamaian.
    Tp jg ingat,sbg umat muslim tdk selayak’y qt merayakan valentine,dg sp pun krn t arti’y murthad.

  14. pada akhirnya trsrah pribadi masing” mo ngryain valentine ato kgak….yg jlas gw sbg umat muslim cma mo ngingetin bhwa…”seseorg yg tlh mngikuti kbiasaan suatu kaum, brati seseorg it tlah msuk mnjadi kaum itu…”

  15. jangan dmi cw..ampe ngorbanin iman..!

  16. gx usah melecehkan agam lain dech, clu hidupmu blm bgt benar…..

  17. gx usah melecehkan org lain dech, clu dirimu blm bisa mhargai org lain…..

  18. it mank shrx d lakukan
    st.Valentine
    menikah?? terMAsuk HAM..
    Moga2 tiaP Hr bs JD Hr valentine..
    biAR Org bs berBagI KasiH TAnpA Batas..
    G cma wktU Hr VALENTINE doank..

    ..JELOU..

    • Benarkah Cinta itu adalah persoalan memberi ?
      Love is the matter of Giving

      • not only give…
        take and give…atau sebaliknya..

        berilah kasih terhadap sesama…maka kamu akan dikasihi….

  19. ehm., yeah !

  20. well, valentine’s day…?
    mungkin ga semua agama setuju bahwa kita harus merayakan hari valentine ini…
    tapi….
    bagi saya, jika kita membicarakan tentang makna valentine utk kita semua, valentine sejujurnya bagus buat kita..
    karena walopun ga slalu bermaksud memberikan cinta kepada sang kekasih, tetapi kita jg memberikan cinta kepada keluarga, terutama orang tua, dan kita jg memberikan cinta kita ke Tuhan kita masing-masing…

    Sayang bgt klo kita ga mengerti dan hanya membuat hari yg begitu penuh dgn cinta itu di sia-sia kan begitu saja..

    alangkah baik nya klo smua agama, pada hari yg sama, bisa memberikan cinta kita kepada org yg kita kasihi… tapi klo emank agama melarang, apa bole buat…^^,
    turuti aja apa hukum berkata…
    hoho..

  21. no cammant

  22. pecaya je laaa

  23. Mo n9ryain pa ga,it trsrh pribdi msng2.yg pntng kn gmn qt ja.tp gw sbg ummat muslim ch mg2 ja g trjrmus k pryaan gtuan.m0 pke 1000 pmbnrn jg,bg gw yg gtuan ttp hram d mta ALLAH.dan yg prh tuch,g shrzny valentine jd ajang zina.naudzubilah min dzalik.

  24. menurut saya winarto,seorang muslim,valentaine atau paklek enten g perlu d rayain,…dilihat dari sejarah jg g JS banget,g bermutu….g2….valentaine???CAPEK DEH…..

  25. Setuju ga setuju ttg hr ksh syg or yg lbh dkenal dgn valentine day it hak sma org,,tp stdkny appun ungkpn yg dsmpaikn tdk mnydutkn phk mnpun,,, vallentine hny skdar pryaan ksh syg y wlpn qt bs mmbrkn ny stp hr,,tp lykny pryaan ultah yg hny trjd st thn sekali wlpn qt bs tiap hr brsykr ats kshtn n nfs yg dbrkn God kpd qt.GBUall

  26. ehm………………
    ea gk bleh coz sbagai umat muslim qt dianjurkan tdk bleh mrayakan valentine day ato bisa d ktakan hri ksih sayank……………

    so……………..

    tu cman aBizin uang ja demi valentine day….. he..he..he..he..he
    coz ksih syank tdk slalu d brikan pada valentine day

  27. Menurut gw,,valentine day tu cm taktik kapitalis semata..
    D luar sejarah2ny (gw ud baca beberapa referensi,,n kliatan bgt tu berkesan fiktif doank),,valentine day cm sekedar pembodohan publik belaka..
    Kasar’ny,,hari ini d buat agar para capitalism sources (apa saja bs d buat berkesan dgn valentine,,asal berwarna pink) bisa laku d jual secara global..

    So..ayo..jangan jadi korban pembodohan ini..

  28. fuck valentine
    Valentine go to hell
    Fuck love ` keep broken heart

  29. xyah caye
    cite tipu

  30. oh ternyata itu sejarah dari hari valentine, sebelumnya saya mohon maaf. Artinya bagi kita umat muslim haram hukumnya untuk itu, hal ini berarti kita telah sirik soalnya dalam budaya muslim tdk ada hal semacam ini yg sama artinya dengan merayakan hari besar agama lain. Bukankah itu yg dinamakan sirik or menduakan Tuhan yg mana kita telah ikut serta merayakannya, dalam islamkan bukan hanya 1 hari itu buat mengungkapkan kasih sayang hal itu bisa dilakukan tiap detiknya dalam hidup kita. Terima kasih.

    • dalam islam dilarang menduakan Tuhan, tapi kenyataannya Muhammad disanjung melebihi ‘Allah’, buktinya, kalau ‘Allah’ dihina yg
      Allah penuh dengan rahmatNya mau mengampuni manusia karena DIA tahu manusia berdosa dan lemah, tetapi kalau Muhammad dihina maka dengan nama ‘Allah’ orang yang menghina itu harus dibunuh/ dimusnahkan. hai para pengikut Muhammad renungkanlah!

  31. bg w valentine i2 pnting,pa lg dsaat smw mnusia da mlai mrsakan krisis mmbri/mnerima rsa ksih syang,,, trlalu smpit pmkiran klw brkta valentine haram dmta tuhan mu,skrang brkaca pda prbuatan z sic, krna ajran yg trpnting dr agma nasrani adlah” kasihanilah sesama mu manusia sprti kau mngasihi dirimu sndri ” agma tdak mlihat dr larangan a s/d z,,, tp tndakan yg baik dr hati. Love forever. Gbu

  32. i never celebrate it HAHA

  33. What ever , mau ngrayain pa g terserah , yg penting bisa makan coklat ( mau makan coklat aj nunggu valentine ) , … Hahaha LOL . Valentine / g tetep makan chocolate …. waka waka e .. E . . .

  34. ko cuma sdikit siy sjarah’y, klo bagi w siy, jika dilihat dari agama emang kita ga diwajibkan ikut ngerayain valentains

  35. Valentine itu hebat,
    Hari Valentine itu baik adanya,
    Tapi hati manusia yg munafik, serakah dan rakus hawa nafsu lah yg memelintir menjadi seolah2 hari itu tidak baik.

    Zinah ya zinah aja,
    Mo karna hari valentine atawa tidak ya tetap aja di laknat.
    Merayakan/tdk, mengakui/tdk tetap aja gak ada manffatnya kl hatinya kupret ;)

  36. lorrhhh.. kamu bilank apa niiyh..
    suka aty cepa bown laa maw sambut ka indaaa..
    janji bahagia tuh….
    BUT.. tggu dulu..bg owg yg ada OTAK mereka akan bfkir WAJAR ka mreka smbut ato x..hohohoh

  37. ya udahhhh…gak usahhh di pikiriin. bg yg islam, nggak usah di celebrate doangg.. klu mau tunjukkn kasih syg, yaa iyalahh tiap hari pun bisaa kokkk..apa lgi cinta kepada Tuhan…btul nggak?? haaa….bg yg boleh menyambutnya, silakann ajaa…:) peace~

  38. Sbenarnya Valentine or kasih sayang itu bkan hanya di rayain pada tanggal 14 februari saja melainkan stiap saat / stiap detik..

  39. Ya udehh, emangnye sape yg maksa elo semua bwt ngerayain??? Ya kalo gak mau, jgn dibuat! Gitu aja kok repot?!! Knp harus sampe bawa2 agama lain? Nafsu bener kyknya kalo ngejelekin agama lain ya?? Bicaranya sok mau buat hari kasih sayang tiap ari, jgn hny tgl 14 aja, tp kenyataannya malah ngata2i ampe ngomong kotor segala! Ati2 kalo bicara di forum, bosss…

  40. Apa iya sejarahnya demikian kok banyak yg di edit datanya , dari mana nara sumbernya?tidak jelas…. tapi kalau dikaitkan dengan agama apapun semuanya mengajarkan kasihsayang kepada sesama jadi yang penting bukan dirayakan tetapi dilaksanakan sehari hari secara tulus , iklas lepas dari rasa benci dan curiga niscaya ….. pasti bangsa kita ini hidup rukun ..damai…….sejahtera.

  41. makanya, harus tau sejarahnya dulu. jgan asal petantang petenteng ikut kambing tuombourr aj ngerayain yg ga jelas. ikut2an asal rame wedehhh.

  42. setujuuu….

  43. Bgi yg mw mryakn vaLentine atw g’ ny tu trgnt niat kita,keyakinan kita,

  44. kaya.a kalo cma ngasih bunga ama coklat mah gpp kan ga ad ritual khusus tp ga tw deh

  45. hati2 kita sebagai umat muslim,,jgn tergiur dgn stu bungkus coklat,klo ulamak mengharamkan yg namanya valentine day,s knpa kita hrus ikut2 tan,,nauzubillah himinzalik moga kita sebagai umat muslim jgn sampe terjerumus ma valentin day ini aminnn

    • betulx3

  46. tlg bceritakan kisah ini secara lebih dapat org fahami because i don’t even understant

  47. hish… ga mutu

  48. no coment

  49. Bagi umat islam, mending bayak2 taubat aja, dari pada ikut2an yang gak jelas.,

    • betul…betul…betul….tu om sukay

  50. emang hari kasih sayang tanggal 14 februari doang yah ?
    ngga kan ?

  51. ap kita mengasihi sesama UMAT MANUSIA harus nunggu 14 februari aj????????
    itukan buat manusi2 yg kurang kerjaan & sok modern aj, padahal botol (bodoh & tolol) yang sedang ketipu umat2 yg ingin merauk keuntungan dari manusia2 BBBOOOTTTOOOOLLLL!!!!!!! yg bahagia klo sedang d TIPU…..

  52. Baca dan artikan!!!…..

  53. Allah melarang keras umat muslimm mengikuti suatu umat lain..
    bukan bermaksud menyudutkan atau menghina
    krna bagi kami org muslim :
    “bagimu agamamu, dan bagiku agamaku”
    sy sebagai org muslim WAJIB mengingatkan saudara seiman agar tidak ngikut perayaan agama lain,
    lagian dlam islam sudah jelas : kita tidak boleh mendekati zina, mendekati saja gak boleh apalagi zina!
    jangan krna nikmat duniawi(merayakan valentine-red)
    kita jadi melupakan agama,
    takutlah pada azab NYA

  54. Mmg sih tjuan
    nya utk mgungkapkn ksh syg,,tp lama2 mgharapkn bsa bduaan,bpelukan,bciuman,bersetubuh,sudah bosan dbuang…

  55. Rasulullah bersabda “sungguh kalian akan mengikuti orang-orang sebelum kalian.sejengkal demi sjengkak,sehasta demi sehasta,bahkan sampai kedalam lubang dhab pun (sejenis biawak) kalian akan mengikutinya!”.sahabat bertanya”siapakah mereka ya rasulullah,apakah yahudi dan nashrani?”
    rasulullah menjawab “siapa lagi(kalau bukan mereka)”

  56. perayaan hari Valentine itu adalah sama sekali bukan perayaan keagamaan….coba aja lihat apakah setiap tgl 14 Februari ada gereja umat Nasrani yang melakukan ibadah/kebaktian untuk itu ? TIDAK ….tetapi bagi umat katholik mungkin msh ada, saya tdk tau……….
    Sekarang ini perayaan hari Valentine sudah menjadi komoditi dagang….jangan sampai tertipu……open your eyes guys…….open your mind……jangan hanya karena ulah para pebisnis, agama menjadi tameng………….

  57. gw rasa kalo, kita mau ngrayain kasih sayang udh ada hari ibu…ntu jg kan buat pasangan kita….terlebih buat kaum hawa….yg tercinta ibu kita…, buayak banget sebagai Muslim keaneka ragaman budayanya, jadi Muslim ntu kaya dengan beragam ungkapan, sentuhan, yg bersifat menghargai mencintai,menyayangi…..wah pokoke banyak banget dah……jd kuatkan iman mu…pahami ,pelajari sesuatu sebelum loe pada ada dalam posisi yang loe sendiri gak ngerti akan makna yang sebenarnya…..

  58. bagi umat muslim dianjurkan kl bisa janganlah ikut2an merayakan Hari Valentine karena itu merupakan Budaya Barat dan biasanya budaya barat itu merusak tatanan budaya religi yg sudah diwariskan oleh nenek moyang kita. tetapi kita sebagai umat muslim hendaklah jgn bertindak yg terlalu extrem dalam menanggapi polemic tersebut, biarlah bagi yg ingin merayakan selama mereka tetap sadar diri bahwa mereka berdomosili di wilayah yg mayoritas muslim jadi harus menghormati para Muslim di Indonesia, ada hadist mengatakan AGAMAKU ADALAH AGAMAKU DAN AGAMAMU ADALAH AGAMAMU,,

  59. inti nya,, sejarah valentine merupakan hari kepercayaan umat lain,, bukan umat islam… so sbg umat islam berpegang teguh sama kepercayaan masing2 agama saja…

  60. valentine itu ga harus dirayain , itu acara buat kaum nasrani , islam dilarang merayakannya :)

  61. apapun itu………valentine bagi kita umat Nabi Muhammad SAW adalah HARAMMMMMMM hukumnya dalam agama ISLAM

  62. ga nyangka ya,, banyak yg tidak bisa mengerti bhsa indonesia,,,~!!!! tpi emank sih ada yg ga menger krna dia tdak d perkenankan untuk “memahami”………….

  63. tpi ,..
    trkdang di hri valentine ada org yg mrsakan sblikx ,… bkan kbhagaan yg hrus xia raih,. mlainkan air mai dan kpedihan akan trgores x hti, krna suatu mslah ckil, yg kmudian brubah mnjdi mslah bsar, yg mmuat mreka ber2 akhirx hrus mrsakan yg sbalik x di hri yg pnuh ksih ini ,….

  64. akh apa sich arti hari valentine gak ada kerjaan banget

  65. menurut gue valentine day itw ,, musuh agama islam

    • dan HARRRRAAAM hukum nya

  66. nggaakkkkkkkk ngertiii
    iiiii:O

  67. bagus juga tuh buat referensi bang … semoga bermanfaat bagi seluruh remaja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: