Posted by: isronax | February 24, 2007

Globalisasi

Globalisasi, dunia yang tanpa batas. BAtas wilayah negara menjadi semakin tipis. Proses dimana usaha saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu faktor yang banyak mempengaruhi terjadinya proses globalisasi.

Posting tugas siswa kelas 3 SMA IPA/IPS silahkan klik comments

Ekonomi.

Kebaikan globalisasi ekonomi

  • Produksi global dapat ditingkatkan

Pandangan ini sesuai dengan teori ‘Keuntungan Komparatif’ dari David Ricardo. Melalui spesialisasi dan perdagangan faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efesien, output dunia bertambah dan masyarakat akan memperoleh keuntungan dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat, yang selanjutnya dapat meningkatkan pembelanjaan dan tabungan.

  • Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara

Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak. Selain itu, konsumen juga dapat menikmati barang yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah.

  • Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri

Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.

  • Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik

Modal dapat diperoleh dari investasi asing dan terutama dinikmati oleh negara-negara berkembang karena masalah kekurangan modal dan tenaga ahli serta tenaga terdidik yang berpengalaman kebanyakan dihadapi oleh negara-negara berkembang.

  • Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi

Pembangunan sektor industri dan berbagai sektor lainnya bukan saja dikembangkan oleh perusahaan asing, tetapi terutamanya melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan swasta domestik. Perusahaan domestik ini seringkali memerlukan modal dari bank atau pasar saham. dana dari luar negeri terutama dari negara-negara maju yang memasuki pasar uang dan pasar modal di dalam negeri dapat membantu menyediakan modal yang dibutuhkan tersebut.

[sunting] Keburukan globalisasi ekonomi

  • Menghambat pertumbuhan sektor industri

Salah satu efek dari globalisasi adalah perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas. Perkembangan ini menyebabkan negara-negara berkembang tidak dapat lagi menggunakan tarif yang tingi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang (infant industry). Dengan demikian, perdagangan luar negeri yang lebih bebas menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik yang lebih cepat. Selain itu, ketergantungan kepada industri-industri yang dimiliki perusahaan multinasional semakin meningkat.

  • Memperburuk neraca pembayaran

Globalisasi cenderung menaikkan barang-barang impor. Sebaliknya, apabila suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak berkembang. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran. Efek buruk lain dari globaliassi terhadap neraca pembayaran adalah pembayaran neto pendapatan faktor produksi dari luar negeri cenderung mengalami defisit. Investasi asing yang bertambah banyak menyebabkan aliran pembayaran keuntungan (pendapatan) investasi ke luar negeri semakin meningkat. Tidak berkembangnya ekspor dapat berakibat buruk terhadap neraca pembayaran.

  • Sektor keuangan semakin tidak stabil

Salah satu efek penting dari globalisasi adalah pengaliran investasi (modal) portofolio yang semakin besar. Investasi ini terutama meliputi partisipasi dana luar negeri ke pasar saham. Ketika pasar saham sedang meningkat, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah bak dan nilai uang akan bertambah baik. Sebaliknya, ketika harga-harga saham di pasar saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi bertambah buruk dan nilai mata uang domestik merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

  • memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dlam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi lajunya pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah semakin memburuk. Pada akhirnya, apabila globalisasi menimbulkan efek buruk kepada prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang suatu negara, distribusi pendapatan menjadi semakin tidak adil dan masalah sosial-ekonomi masyarakat semakin bertambah buruk.

About these ads

Responses

  1. Pengaruh Globalisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
    Ahmad Haikal

    1. Pengaruh Globalisasi Ekonomi (globalisasi Kapitalisme)

    o Perusahaan-perusahaan multinasional mendirikan pabrik dan kantor cabangnya di negara-negara lain.
    o Produk-produk luar negeri masuk ke supermarket-supermartket suatu negara.

    a. Apa itu itu Kapitalisme

    o Suatu sistem ekonomi yang mengatur proses prduksi dan pendistribusian barang dan jasa.
    o Memiliki tiga ciri pokok : a. Sebagian besar properti dimiliki individu
    b. Barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas yang bersifat kompertitif
    c. Modal diinvestasikan ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba
    o Salah satu ilmuan ilmuan di bidang ini adalah filsuf Adam Smith, mengkampanyekan kamitalisme pasar bebas ini.

    b. Cara Kerja Kapitalisme Pasar Bebas

    o Pengusaha bersaing pada lingkungan pasar yang benar-benar bebas
    o Persaingan menekan harga
    o Sering muncul produk massal dunia yang baru, sebagai jalan keluar untuk memenangkan persaingan.

    c. Kenyataannya

    1) Kenyataannya pada abad ke-19

    o Kapitalisme pasar bebas yang diangan-angankan Adam Smith hanya menguntungkan Negara-negara kaya di Eropa dan Amerika Serikat.
    o Pada dunia perindustian, buruh diupah semena-mena (murah) sesuai kebutuhan bisnis, mesin sering berbahaya dan lingkungan beracun.
    o Kesenjangan sosial antara negara kaya dan miskin semakin menajam.

    2) Kenyataannya pada abad ke-20 dan abad ke-21

    o Kapitalisme mengendalikan hampir seluruh perekoniam internasional.
    o Komunisme di Eropa dan Cina menjadi terbuka.
    o Kemajuan telekomunikasi dan komputer menjadi sarana yang sangat mendukung globalisasi kapitalisme.
    o Banyak batasan terhadap perdagangan internasional dicabut, sehingga mereka menggerakkan modalnya ke seluruh dunia. Sehingga mengarah ke negara miskin yang memiliki upah rendah.

    d. Konsekuensinya bagi negara-negara

    1) Bagi negara maju

    o Semakin kaya, standar biaya hidup semakin tinggi.
    o Pemreintah nasional tidak dapat lagi mengendalikan secara penuh terhapdap perusahaan internasional.

    2) Bagi negara miskin ; ketidakadilan

    o Kekuatan tawar-menawar lebih lemah dibanding sebelumnya.
    o Terpaksa menawarkan intensif yang semakin besar bagi perusahaan-perusahaan internasional agar bersedia mendirikan abrik di Negara mereka.
    o Peraturan kesehatan diabaikan, insentif pajak dan sogokan lain ditawarkan, pengunjuk rasa langsung dipenjara.
    o Pekerja mendapat jam kerja tinggi tetapi upahnya rendah.

    e. Mengkampanyekan keadilan global

    o Banyak pihak yang tidak setuju dengan perdagangan bebas, karena kerugian banyak menimpa negara-negara miskin, sehingga banyak terjadi demonstrasi yang diajukan ke lembaga WTO.
    o WTO dianggap tidak demokratis. Beroperasi secara rahasia dan tidak bertanggung jawab warga negara yang secara langsung akan dampak dari keputusan-keputusannya.

    2. Pengaruh Globalisasi dalam Bidang Sosial-Budaya

    o Globalisasi mengubah bentuk kehidupan keseharian kita secara mendasar.

    1) Meningkatnya Induvidualisme
    Dulu, kesempatan individu untuk menentukan dirinya sendiri dibatasi masyarakatnya, entah leh tradisi maupun oleh kebiasaan-kebiasaan yan berlaku. Di era globalisasi ini, kesempatan individu untuk mengatur dan menentukan yang terbaik bagi dirinya sendiri sangat terbuka lebar.

    2) Pola Kerja
    Pekerjaan-pekerjaan mengarah ke era perekonomian berbasis pengetahuan. Orang-orang sudah tidak mengandal kerja penuh di kantor, tetapi part time job. Perempuan telah masuk dunia kerja.

    3) Kebudayaan Pop
    Citra, gagasan, dan gaya hidup baru menyebar dengan begitu cepat keseluruh pelosok dunia lebih daripada sebelumnya.

    3. Pengaruh Globalisasi dalam bidang Politik
    o Dalam pemerintahan demokratis, rakyat penentu jalannya pemerintahan.
    o Pemerintah nasional tidak lagi mengontrol apa yang terjadi dalam batas-batas negara mereka.

  2. Deskripsi Pengaruh Globaliasi di Bidang Sosial Budaya
    Ahmad Haikal

    Globalisasi tidak hanya memperngaruhi bidang ekonomi dan politik saja, tetapi juga memperngaruhi sosial budaya. Bahkan pengaruh ini bisa jadi lebih kuat karena dapat berentet memperngaruhi bidang yang lain.

    Globalisasi adalah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia sehingga tercipta multiculture. Terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini.

    Namun, perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi. Kontak melalui media sangat berperan, khususnya dengan batuan telekomunikasi dan sarana internet yang begitu canggih. Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antarbangsa lebih mudah dilakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan.

    Kebudayaan yang memiliki pengaruh yang cukup kuat adalah kebudayaan barat. Karena dikenal pengaruhnya dengan westernisasi. Pengaruh ini cukup mengglobal, sehingga dalam kehidupan sehari-hari hampir di seluruh belahan dunia ada kelompok orang-orang (khususnya para remaja) yang mengikuti budaya barat. Baik dalam segi pakaian, tingkah laku atau lagu dan film yang disukai

    Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan
    • Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
    • Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism).
    • Berkembangnya turisme dan pariwisata.
    • Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.
    • Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
    • Bertambah banyaknya event-event berskala global.

  3. Faktor-Faktor Pendukung Munculnya Globalisasi
    Ahmad Haikal

    1. Berkembang Pesatnya Teknologi Komunikasi

    • Setiap rumah dan kantor dilengkapi dengan telfon, mesin fax, televisi, dan internet.
    • Hampir setiap orang yang mampu memiliki telfon genggam, sehingga terhubung ke seluruh pelosok dunia.
    • Teknologi ini membuat ruang dan waktu seakan-akan semakin sempit.

    2. Adanya Integrasi Ekonomi Dunia

    • Kegiatan ekonomi mengarah ke perekonomian tanpa bobot (weightless economy), yaitu perekonomian yang produknya adalah informasi, seperti perangkat lunak komputer, produk media, hiburan, dan jasa berbasis internet.
    • Disebut juga perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge economy), yang ditandai oleh munculnya banyak konsumen yang cakap teknologi dan mudah menguasai kemajuan-kemajuan terbaru dalam bidang komputerisasi, hiburan, dan telekomunikasi serta mempraktekkannya dalam kehidupan keseharian mereka.
    • Banyak aspek ekonomi sekarang bekerja melalui jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara.

    Kesimpulan :
    Adanya globalisasi tidak muncul begitu saja, melainkan ada faktor-faktor yang mendukung kemunculannya. Terdapat dua faktor yang paling kuat pengaruhnya, yaitu telekomunikasi dan ekonomi. Keduanya pasti kita temukan diberbagai belahan dunia.

    • terima kasih atas referensinya. :D

      • tolong di jawab sekarang yahh :)

        dalam era globalisasi, faktor-faktor apakah yang menyebabkan arus masuk dan arus keluar modal asing semakin cepat dari satu negara kenegara lain

  4. Bagaimana Melihat Aspek Globalisasi : Aspek Positif dan Negatifnya
    Ahmad Haikal

    1. Aspek Positif Globalisasi

    • Pada bidang globalisasi, teknologi berkembang pesat. Baik teknologi informasi, komunikasi, maupun transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara.
    • Pada perdagangan, perkembangan industri memungkinkan produsen dalam satu negara tidak lagi membatasi diri dengan membuat suatu produk sendirian, melainkan dapat mengimpor komponen lain yang diperlukan.
    • Pada bidang industri dan jasa, setiap negara terbuka untuk membuka peluang sehingga para ahli dapat bekerja di negara lain.
    • Pada bidang Sosial-Budaya, karena transportasi manusia dapat bergerak dinamis dalam bermigrasi, meskipun kadang-kadang terjadi benturan budaya.
    • Pada bidang lingkungan hidup, LSM semakin kritis dalam menyoroti persoalan lingkungan dalam suatu negara.
    • Pada bidang politik, Negara berhak atas kedaulatannya, namun Negara-negara lain bisa menuntut sikap transparan, demokrastis, dan menghargai hak asasi manusia.

    2. Aspek negatif Globalisasi
    • Terjadinya kesenjangan ekonomi akibat dari kekalahan berkompetensi dalam bidang teknologi.
    • Negara-negara kuat akan bersekongkol untuk mncari keuntungan sebesar-besarnya.
    • Timbul fanatisme rasial, etnis, dan agama sebagai upaya menunjukkan eksistensinya.
    • Semakin menurun SDA vital seperti air, hujan dan terjadi pencemaran global.

  5. Thanks haikal, jangan lupa lembar data/nilai tugasnya diserahkan, selamat.

  6. Tolong dong kasih tau yang pengaruh globalisasi politik

  7. bisa minta tolong dong gimana pengaruh globalisasi terhadap Hak Asasi Manusia??

  8. mas, maaf bisa minta tolong! bisa minta penjelasan tentang Globalisasi dan resiko? klo bs sekarang. maaf ganggu!!

  9. terima kasih bin hatur nuhun binti jazakallah khoeron katsiro atas artikelnya….
    emmm mungkin nanti minta yang lebih lengap bin komplit lagi…….

  10. tolong, jelasin apa itu bisnis global’ klo bvisa ada rujukan literatur.

  11. Hallo safiria, ini ada defenisi tentang yang anda maksud semoga bisa membantu:
    global business A business that transcends national boundaries and is not committed to a single home country http://college.hmco.com/business/griffin/management/7e/students/glossary/ch05.html

    Boleh lihat disini juga:
    http://www.gbn.com/

  12. blh tlng ksi tao
    cara mendukung globalisasi

  13. tolong dong kasih tau faktor-faktor apa saja yg mempercepat globalisasi ekonomi dunia?? klo bisa dari beberapa sumber. trims

  14. thank ya paaaaaaaaaaaaaak.
    akhirnya toegasku untuk mata kuliah kewarganegaraan dapet juga
    1 x lagi thanks atas artikelnya tentang pengaruh globalisasi

  15. maternuwun pak…. tugas KWN aq beres juga…

  16. 4 jempolll buat bapak….(^_^)

  17. mekOm bIsa mNtk tLog g’???
    emm,, tLong jLsin ttg PengruH globalisasI di bidaNg sosiaL dan pendidikan !!!…
    pLeasE baNtuaN nya …
    tuK maKalah …
    sekRg yaH…

  18. met malem saya da sedikit masalah dengan refrensi utk pembuatan makalah ttg UPAYA WNI DDALAM MENGHADAPI BUDAYA GLOBALISASI TEKNOLOGI

    dari judul itu saya ingin minta sedikit masukan dan artikel.

    maka dari itu saya mhon bantuan untuk penyelesaianmakalah saya!

  19. thank’s banget buat informasinya, aku jadi bisa bikin makalah

  20. akhirnya gua punya bahan yang bagus bwt speech gw. thanks berat bro

  21. thanks…ini sangat membantu saya,,,,
    tolong donk kasih tau tentang kebaikan dan keburukan era reformasi?
    kirim ke e-mail saya ych….?
    mksih byk…
    irigasoen@yahoo.co.id

  22. bagus banget nih, tapi klo dikasih penjelasan tentang pengaruh globalisasi trhdp cara berpakaian pasti lebih keren tuhh….(^_^)
    okeh.. thanks ya informasinya

  23. pengaruh globalisasi dalam bidang telekomunikasi

  24. tnx y!!!
    jd bsa ngrjain tugas ..
    tp tmbhn dunk byr lbh lgkp,,

  25. thanks a lot yow…
    u’ve helped me so much..

  26. wahhhhhh …..
    thX yaaaa …..

    tugas Qu terselesaikan ….

    thx a lot ……

  27. thx… bisa nmbahin tugasndah ni …

  28. makasih bgt buat artikelnya…

    tertolong bgt deh…

  29. mas boleh tau ngga? penjelasannyang mas sampaikan itu referensinya darimana saja? dan kalau boleh tau mas ahmad mencetak buku tidak? kalau iya judul bukunya apa? makasih kalau dijawab

  30. met siang saya ada masalah tentang pembuatan makalah yang berjudul PERANAN PENDIDIKAN DALAM ERA GLOBALISASI mohon bantuannya

  31. saya mau minta tolong carikan globalisasi dibidang moral

  32. dampak globalisasi di bidang sosial apa aj c??
    klw ad yg tau,,tlg jwb y..
    tx.

  33. tolong dong jelasin faktor pendukung dan penghambat globalisasi.trus juga dampak globalisasi (+/-) bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

  34. tolong jelasin bagaimana tindakan yang harus dilakukan remaja untuk mengatasi globalisasi ini

  35. makasih ya!!!! tugas PKnq terselamatkan!!!!!!!

  36. bisa gak jelasin tentang pengaruh globalisasi terhadap dunia komunikasi dan informasi?? terima kasih

  37. thank haikal sekarang gw d taw apa itu globalisasi

  38. tolong dong pengertian globalisasi..

    sama faktor2 dan ciri2 globalisasi di seluruh bidang..baik juga aspek2 nya..

  39. pak,buk,temen2,klo pengaruh sistem telekomunikasi dalam globalisasi apa??

    mohon jawabanya yach..
    soalnya saya pengen tahu baek yg secara luas ato pun detil sistem telekomunikasi itu menganbil peran dalam globalisasi

  40. SIstem Komunikasi dan globalisasi.
    Kita lihat alatnya dulu apa yang termasuk alat komunikasi antara lain telepon, fax, internet. Media komunikasi lain seperti TV, radio, satelit sampai HP memberikan kemudahan bagi kita untuk menerima aneka ragam informasi… ntar disambung yah..mau masuk kelas dulu

  41. kalo menurut saya memang benar kalo globalisasi membuat antar negara satu dengan yang lain tanpa batas. Tapi apa itu semua menguntungkan bagi Indonesia?
    Tolong dijawab yah……

  42. Globalisasi tentunya saja mebawa dampak negatif dan positif. Ada sisi buruk dan ada juga sisi baiknya. Nah,,ukurannya tentunya bisa sangat relatif sekali. Setiap orang bisa memberikhan indikator yang berbeda2.

    Sebagai contoh urusan model pakaian, model rambut atau model2 yang lain, sebagain orang akan menganggap itu no problem,,namun sebagian lainnya akan mengganggap that is the problem, kenpa ? bisa jadi karena tidak sesuai, bertentangan dengan sistem nilai yang berlaku. Tabu adalah tabu, jangan ganggu. Bagi sebagain lagi Yang tabu mesti dibuka.

    Media komunikasi menjadi alat yang paling benyak memberikan kontribusi dalam suatu proses globalisasi. Informasi disebarkan dengan sangat cepat sekali, terus menerus dan terstruktur. Kata orang sesuatu yang diterima secara terus menerus, bisa diterima sebagai suatu kebeneran.

    COba perhatikan bagaimana CNN atau BBC menyiarkan berita. Setaip berapa menit suatu berita akan terus diulang2 seddemikian rupa. Nah,,ini merupakan salah satu usaha mebentuk opini masyarakat dunia.

    Bagi kita>Indonesia< mana yang paling menguntungkan atau apakah semua menguntungkan atau apakah semua merugikan? jawabnya secara sederhara, tidak, tidak semua menguntungkan dan tidak semua merugikan. Persoalannya adalah pada apa kebutuhan kita sebenernya.

    Pandai2 memilih dan menseleksi informasi!

  43. minta pengaruh globalisasi bidang pertahanan keamanan yg se lengkap2 ny… thx…

  44. tlg kasi tau dong aspek positif dan negatif globalisasi dalam bidang sosial,politik,ekonomi,dan menhankam.yang banyak ya

  45. tLong,,,, Ksih taO ttg pengruh gLobalisasi dalam bidang pertahanan dan keamanan dunks..
    btUh bngt nih..
    qLo bsa scepatna d devilstar_02@yahoo.com yh..
    pliss!!

  46. satu tugas kaween terselesaikan.. makasih ya om

  47. yAa..sm ky yg laen y, bwt makalah,tp g jeLas detiLnya globalisasi.
    thx..

  48. thx…
    tugas remed aq selesai….

  49. makasih yaaaaaa……
    lagi nyari bahan buat tugas KN nich!!

    akhirnya dapet juga….
    isinya lumayan lengkap, padat, n jelas…
    itung-itung buat nambah refrensi…

    arigato gozaimasu…..(^_^)!

  50. arigatou..
    mksh bgt y,,akhir`a tgs pkn qt slese ni berkat km…

    yah…pkok`a arigato aja dah…

  51. xie”…
    tugas pknsqu kelar!!!!!!!!

  52. Arigato gozaimasu…^^
    tugasqu sedikit terselesaikan…
    Tp mo tnya dund, mengapa perlu adanya efifiensi dan efektivitas ekonomi nasional di era globalisasi?
    tlng djwb y,plizzzzzzzzzzz..

  53. Mas tlg dwoNK kirimin artikel tentang pengaruh gloBalisasi trhadap sistem koMunikasi..urgent bngd blz’y

  54. Mohon bantuan Artikel-artikel tentang Pengaruh Globalisasi terhadap Informasi dan komunikasi….di tunggu ya pa….

  55. tlong dunk jelasin tentang indonesia dalam menghadapi tantangan global dalam bidang lingkungan

  56. tolong jelasin, aspek internal dan eksternal globalisasi, ditinjau dr berbagai bidang, ex: sos, pol, eko, dan budaya

  57. Apakah bisa membantu saya? Saya sedang mencari informasi Pengaruh globalisasi terhadap kesenian Cokek? Faktor -faktor apa saja yang terkait didalamnya?

  58. Apakah bisa membantu saya? Saya sedang mencari informasi mengenai pengaruh globalisasi terhadap kesenian Cokek Betawi? Faktor-faktor apa saja yang terkait didalamnya?

  59. tau Gak ?

    kasus-kasus dari dampak gLobalisasi pertahan dan keamanan dunia ???

    trus berikan dampak postif dan negatiFnya ??

    kalo taU ??

    comment za di FS saia ..

    isandinurulhasanah@yahoo.com ..

    please .. ne PR aku loh ..

  60. trus tau gak ..

    yang perang amerika ma negara-2 islam guning ??

    cepetan ia ..

    comment di FS isandie ..

    isandinurulhasanah@yahoo.com

  61. mas minta segala pengaruh globalisasi bagi negara indonesia dlm aspek ekonomi,sosial,teknologi informasi,nasionalis,agama,budaya
    trims

  62. Malam Pak…
    Ini saya Erick…, Saya Baru Kenal Dengan Website Ini..
    Begini pak… saya mau tanya…
    Pertanyaanku Sebagai Berikut…

    1. Pak, Apa sih dampak positif dan negatif globalisasi pada bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya?. (Thx sebelumnya)

    2.Dan, Apa sih dampak negatif dan positif dari globalisasi pada bidang pertahanan-keamanan?.

    Dengan Ini pertanyaanku sudah selesai Pak…
    Mohon Dibales Yah Pak…
    Kalau Begitu Terima Kasih Banyak…
    Jawaban Bapak Saya Tunggu Loh di

    Nize_holix@yahoo.com

    Sekali Lagi Terima Kasih Banyak…

  63. Tolong kasih tau, sekalian jelaskan dampak positif dan negatif globalisasi di bidang pertahanan keamanan.

    Terima Kasih!

  64. thankssss
    (pakeeee’ sssnya banyak ya pakkk)
    maksiii bgt wat informnya, aku bisa ngerjain tgsnya pak syafudiinn deee

  65. pak tolong ya adain preses globalisasi di bidang pertahanan

  66. tq krn sudi kongsi maklumat. banyak membantu pelajar-pelajar IPT- buat assignment.

  67. pak tolong dong, jelaskan dampak globalisasi terhadap bidang komunikasi.

  68. hey hey!

    thx banget y blognya, ngebantu tugas aq banget nih

    NICE JOB!

  69. Thx Banget ya ArtikeL gLobaLisasi nYa…^^
    TugaS KWN ku Selesai Dhe..Hahaha..
    Thx seKaLi Lagi..

  70. asslm.semua-mua.
    minta penjelasan’y doung tentang teknologi di era globalisasi sekarang ini.
    pliiiiiisz & artikel2′y secra rinci.
    maaf’y sblumnya, buat makalah nie,.

  71. makasih atas blognya, tugas kita jadi gampang deh , , ,,

    • makasih kembali,, semoga saja blog sederhana ini bisa menjadi alat pemebelajaran kita semua

  72. Ka, mas, mbak, pa, atau siapa aja……
    aq pelajar kelas 3 SMP,
    aq mau tanya tentang faktor-faktor penyebab globalisasi,
    tolong di jawab segera masalahnya itu buat tugas,
    Terimakasih……………

  73. HORAAAAAY! artikelnya membantu banget daaaah! Merci ;)

  74. mav aq mu tnya

    tanda-tanda munculnya globalisasi apa sih ?
    tlg jwb skrg ya ,soalnya bwt tugas.
    makasih…

    • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan gerbong utama bergeraknya keuniversalan dunia ini, semakin cepat, semakin cepat dan semakin tak berbatas

  75. hunyaaaaaaa~

    makasihh!!!!!!!!
    *selamet dari neraka lapis 7*

  76. tolond donk jlazkan pgaruh2 globalisasi dalm idang ekonomi,budaya serta informasi…
    skrang iia t b4

  77. tlg donk pnjlsan tntg pgruh glbalisasi thdp ekonomi, budaya serta infrmsi n kmnkasi… skrg iia. thenx b4

    >>>> barangkali ini bisa membantu:
    Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

    Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

    Menurut Tanri Abeng, perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk berikut:

    * Globalisasi produksi, di mana perusahaan berproduksi di berbagai negara, dengan sasaran agar biaya produksi menajdi lebih rendah. Hal ini dilakukan baik karena upah buruh yang rendah, tarif bea masuk yang murah, infrastruktur yang memadai ataupun karena iklim usaha dan politik yang kondusif. Dunia dalam hal ini menjadi lokasi manufaktur global.

    Kehadiran tenaga kerja asing merupakan gejala terjadinya globalisasi tenaga kerja

    * Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global mempunyai akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi (baik dalam bentuk portofolio ataupun langsung) di semua negara di dunia. Sebagai contoh, PT Telkom dalam memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT Jasa Marga dalam memperluas jaringan jalan tol telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (build-operate-transfer) bersama mitrausaha dari manca negara.

    * Globalisasi tenaga kerja. Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperoleh dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka human movement akan semakin mudah dan bebas.

    * Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui: TV,radio,media cetak dll. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh : KFC, celana jeans levi’s, atau hamburger melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat dunia -baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global.

    * Globalisasi Perdagangan. Hal ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan nontarif. Dengan demikian kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi semakin cepat, ketat, dan fair.

    Thompson mencatat bahwa kaum globalis mengklaim saat ini telah terjadi sebuah intensifikasi secara cepat dalam investasi dan perdagangan internasional. Misalnya, secara nyata perekonomian nasional telah menjadi bagian dari perekonomian global yang ditengarai dengan adanya kekuatan pasar dunia.<<<<

  78. kemajuan teknologi tidak semuanya bagus dan berguna bagi kehidupan dan kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita. banyak tenaga manusia di buat menjadi tenaga mesin 1 berbanding 10 yang akhirnya melambungnya tingkat pengangguran dan kemiskinan. apajadinya nanti anak cucu kita kalau kerjaan mereka semua dilahap abis sama mesin. ggggggaaaaaaawwwwaaaaaaat…….coooooooy.trims

  79. assalamualaikum.

    -pak/mas bisa kasih tau dampak negatif dan dampak positif globalisasi dari:-politik..??
    -sosial..??
    -ekonomi..??
    -teknologi ..??

    saya tunggu jawaban mas/pak. Maaf klo saya mengganggu.Terima kasih.

  80. ass…

    mas pgn nnya penyebab globalisasi donk mas…
    tolong di jawab ya mas…
    saya lagi perlu buat PR ni mass…

    tolong commend ke FS saiia aja ya mass…
    ke only_@quw.com .

    thx b4…

  81. Mm…
    Pak..
    Sya mw tanya..
    Gmna pengaruh globalisasi d bidng keamanan dan pertahanan..?
    Jelaz kn tentang efek globalisasi d bidng itu..?
    Di indonesia,,, apa kh trkna dampak globalisasi d bidang itu.?
    Mhon d jwb y..
    Pliz..
    Dmi prsentasi sya.

  82. pak..bgini pk. ni da tugas skolah.
    tlg jelasin 3 teori paham globalisasi.? balas ke email saya.. tanks….

    >> Teori globalisasi

    Cochrane dan Pain menegaskan bahwa dalam kaitannya dengan globalisasi, terdapat tiga posisi teroritis yang dapat dilihat, yaitu:

    * Para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan kebudayaan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen. meskipun demikian, para globalis tidak memiliki pendapat sama mengenai konsekuensi terhadap proses tersebut.

    * Para globalis positif dan optimistis menanggapi dengan baik perkembangan semacam itu dan menyatakan bahwa globalisasi akan menghasilkan masyarakat dunia yang toleran dan bertanggung jawab.
    * Para globalis pesimis berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena hal tersebut sebenarnya adalah bentuk penjajahan barat (terutama Amerika Serikat) yang memaksa sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen dan terlihat sebagai sesuatu yang benar dipermukaan. Beberapa dari mereka kemudian membentuk kelompok untuk menentang globalisasi (antiglobalisasi).

    * Para tradisionalis tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi. Mereka berpendapat bahwa fenomena ini adalah sebuah mitos semata atau, jika memang ada, terlalu dibesar-besarkan. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ratusan tahun. Apa yang tengah kita alami saat ini hanyalah merupakan tahap lanjutan, atau evolusi, dari produksi dan perdagangan kapital.

    * Para transformasionalis berada di antara para globalis dan tradisionalis. Mereka setuju bahwa pengaruh globalisasi telah sangat dilebih-lebihkan oleh para globalis. Namun, mereka juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangkal keberadaan konsep ini. Posisi teoritis ini berpendapat bahwa globalisasi seharusnya dipahami sebagai “seperangkat hubungan yang saling berkaitan dengan murni melalui sebuah kekuatan, yang sebagian besar tidak terjadi secara langsung”. Mereka menyatakan bahwa proses ini bisa dibalik, terutama ketika hal tersebut negatif atau, setidaknya, dapat dikendalikan.<<<

  83. pak gmn pengaruh globalisasi terhadap nilai nasionalisme di kalangan generasi muda????dan apa saja dampaknya bagi generasi muda?????pak tlg dibls secepatnya ya????soaly ni tgs.pleasee.ntr dibls di e-mail sy

  84. pak, saya mau tnya bgmn cara mengatasi dampak negatif globalisasi pada remaja….????
    tolong d balas secepatnya karana ini tugas…
    balas d email saya…….
    terima kasih……;

  85. Pak, bisa minta dampak globalisasi di bidang POLITIK, di dunia, dan khususnya di Indonesia. Kalau bisa tolong kirim ke wiegati_08@yahoo.com terima kasih. postingannya sangat membantu.

    >>>>walah sorry banaget kalau responsenya terlambat nih.
    globalisasi dibidang politik bisa kita lihat misalnya berkaitan dengan kebebasan berbicara, berpendapat, berserikat. lihat saja di tanah air sekarang khan menjamur partai politik apalagi sekarang mau pemilu, saya kitra hal itu banyak berkaitan dengan politik.

    lihat lagi campur tangan asing dalam kehidupan politik, lihat juga hadirnya pengamat asing dalam aktifitas pemilu.”<<<<

  86. thx bget..
    q lagi butuh ni bwt tgs

  87. Helloooooooooooooooo………………..

    Bisa ksh tw saya g’ apa dampak positif globalisasi dalam kehidupan:
    A. Bermasyarakat.
    B. Keluarga.
    C. Sekolah.

    Kl bisa d jawab y……………………!!!!!!!!

    >>>Untuk menjawabnya gini aja: tentukan “produk” globalisasinya misalkan Handphone, nah benda ini memiliki dampak positif atau negatif. misalkan apa pengaruhnya menggunakan HP di lingkungan masyarakat, keluarga atau sekolah. Masalah pengaruh tentunya dapat kita rasakan secara langsung, dan tentunya bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan kita masing-masing<<<

  88. Helloooooooooooooooo………………..

    Bisa ksh tw saya g’ apa dampak positif globalisasi dalam kehidupan:
    A. Bermasyarakat.
    B. Keluarga.
    C. Sekolah.

    Kl bisa d jawab y……………………!!!!!!!!

  89. pak ,
    tlong dong jelasin tentang hal-hal yang berkaitan dengan globalisasi bidang teknologi
    pliss y ,
    kirimin jawabannya ke email

  90. dampak globalisasi di bidang politik baik positif atau pun negatif nya ok..

  91. maaf y ganggu..!!! leh nanya ga?? tlong jlsin dong tentang pengaruhnya globalisasi terhadap politik, soalnya neH bwt tgs akhir pleas y skrng ^_^.

  92. mas, tlong kasi tahu dampak globalisasi di bidang ekonomi, sosial-budaya, politik dan hukum!!!!

    tolong ya mas..

  93. mantep bener browwww……..

    thanks bgtz…..

    jangan brhenti untuk saling berbagi dalam dunia informasi……

    cz dunia informasi g da matinya

  94. .bantuiN dunDt.

    .duH aDa tuGAs niH.
    .bingunG.

    materinyA tentAng “pencemaran lingkungan akibat dampak globalisasi”

    suruH merAngkum

    T.T

  95. tolong bantuin dunx…

    apasih dampak globalisasi indonesia dibidang teknologi…???

    pliZZ jwb….

    krim ke email aku yahh…

    thanxz b4

  96. Pak , saya punya 2 pertanyaan .
    1. Mengapa globalisasi dibidang teknologi informasi lebih cepat berkembang dibandingkan dibidang lainnya ?
    2. Mengapa globalisasi dapat menyebabkan perubahan di berbagai bidang kehidupan ?
    Mohon dijawab ya pak . Jawabannya dapat bapak kirim ke email saya . Terimakasih banyak ya Pak .

  97. bisa minta pengaruh negatif globalisasi??? q butuh bwt tugas kwn

  98. maap ya.. ne di kopas.. bwt tugas pkn dari skola,,, ^.^

  99. makasiiiiiiiiiiiihhhhhhh
    hahaa tugas pkn nya kelar juga :D

  100. mau tanya neh. apa dampak positif dan negatif globalisasi di bidang IPTEK???

  101. mau nanya nich pak…..
    apa faktor penghambat dan pendorong dalam Globalisasi ???
    tlg dijawab ya pak……..

  102. globalisasi sangat penting ya di indonesia………………………..

  103. thx bangeeeeet yaaa…….
    sippppssszzzz dapet materi tambahan…

  104. Trm kasih banyak mau share ilmunya. sukses selalu

  105. Apha sih Aspek2 positif dan negatif globalisasi di bidang politik , ekonomi , sosial budaya dn hankam ?

  106. malam pak saya ingin bertanya tolong di jawab kalau bisa sekarang.
    dampak globalisasi terhadap pertahanan dan keamanan nasional itu apa saja ya?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  107. mav mengganggu, tapi saya cuman mw minta tolong soalx saya ada sedikit masalah terhadap pembuat makalah “pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat……….

  108. pak, saya ada tgas bkin mkalah ttg aspek positif dan negatif dri globalisasi…
    aspek itu sama ga sih kyak dampak?
    tlong jelaskan ya pak…
    kalau bisa hari ini jga soalnya tgasnya buat bsok..
    makasih banyak ya pak…

  109. thanks ya :D

  110. pak…..
    apa yang melatar belakangi, saling ketergantungan antar bangsa-bangsa dalam berbagai bidang?
    thanks ya pa…..!

  111. pak tolong dong
    sebab dan akibat globalisasi.nya…

  112. minta tolong dikasih pengertian tentang globalisasi perdagangan ya…kalo bisa sekarang. trima kasih

  113. contoh globalisasi di bidang ekonomi , budaya , keamanan , politik , teknologi , komunikasi

  114. Tugz aq slsai deh,, mksh
    sukses sllu ;)

  115. wahh lengkap infonya.
    top bengoud
    mkaciihh >.@


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: