Dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Kom

Ibu Endang merasa beruntung anak-anaknya ‘bersahabat’ dengan komputer sejak dini. Fatih (9), anaknya yang pertama, tak hanya senang bermain games, namun juga lancar mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Sementara adiknya, Nadia (4) yang baru belajar mengenal komputer, sudah asyik menjajal program pendidikan dalam mengenal warna dan bentuk saja. Fatih kini pintar matematika lantaran sering berlatih dengan bantuan komputer. Sementara Nadia punya banyak kosakata bahasa Inggris juga lantaran sering bermain komputer.

Tetapi, Ibu Rahmi justru merasa punya masalah dengan ‘keakraban’ anaknya dengan komputer. Menurutnya, Rizki (7 tahun) kini lebih sukai ‘bermain’ dengan komputernya daripada dengan teman-temannya. Rizki bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain games. Ia juga malas bila diajak menulis atau menggambar. Tak heran, tugas menggambar di sekolah tidak pernah dikerjakannya sampai tuntas. Tetapi, untuk menggambar di komputer ia sangat pandai. Maklum, dengan satu dua klik-an saja, ia sudah dapat menggambar dan mewarnai dengan sempurna.
Pernah punya pengalaman senada?
Positif-Negatif
Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Senada dengan Nina, Muhammad Rizal, Psi, Psikolog di Lembaga Psikologi Terapan UI, mengatakan banyak manfaat dapat diambil dari penggunaan komputer, namun tak sedikit pula mudhorot yang bisa ditimbulkannya.

Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.

Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).

Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.

Namun, sisi mudhorot penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Akses negatif lewat internet
Pengaruh negatif lain, disepakati Nina dan Rizal adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.

Meski demikian, baik Nina maupun Rizal sepakat bahwa mengajarkan internet bagi anak, di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

Pertama, orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Karena itu, ujar Nina, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gatek.
”Sayangnya, seringkali anaknya sudah terlalu canggih, sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka internet, juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak. Nanti ketika ada akibat buruknya, orangtua baru menyesal,” sesal Nina.

Kedua, gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.

Ketiga, letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, menurut Nina akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.

Cegah kecanduan
Pengaruh negatif lain bagi anak, menurut Rizal, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.

Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, menurut Rizal, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.

Peran penting orangtua
Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, Rizal kembali mengingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.

Pertama, berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.

Kedua, perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek tertentu, termasuk pada fisik seseorang. Karena perhatikan juga amsalah tata ruang dan pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.

Ketiga, pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.

Keempat, perhatikan keamanan anak saat bermain komputer dari bahaya listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum terkena bagian tertentu dari badan Central Processing Unit (CPU) komputer.

Kelima, carikan anak meja atau kursi yang ergonomis (sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh anak), yang nyaman bagi anak sehingga anak dapat memakainya dengan mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala harus mendongak yang dapat menyebabkan kelelahan. Alat kerja yang tidak ergonomis juga tidak baik bagi anatomi anak untuk jangka panjang.

Keenam, bermain komputer bukan satu-satunya kegiatan bagi anak. Jangan sampai anak kehilangan kegiatan yang bersifat sosial bersama teman-teman karena terlalu asik bermain komputer.

SUmber:http://info.balitacerdas.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=33

Published by isronax

Tentang aku..ehm kayaknya biasa aja sih. Yang pasti semangatku masih masih banyak tuk membangun dunia ini.

91 thoughts on “Dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Kom

  1. Negatif:
    – Terlalu lama di depan layar komputer tidak baik untuk kesehatan matamu.

    – Bisa saja kamu kesetrum bila salah menggunakannya.

    – Tak semua informasi di internet itu betul adanya.

    – Sebagai anak, tak semua informasi layak kamu konsumsi.

    Positif:

    – Mendapatkan informasi yang benar-benar diperlukan.

    – Bisa berkomunikasi dengan kawan atau keluarga yg jauh

    – Hiburan yg baik.

    Sumber: http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Canda&id=122563
    dan penulis.

  2. Dari pengamatan yang mendalam ini, bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan internet semakin penting sebagai sarana komunikasi mahasiswa TSM. Fasilitas internet seperti email, www dan YM/IRC sudah sangat popular di antara para mahasiswa TSM, baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian lain juga sebagai alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antar pengguna internet. Selain itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal sebagai ‘bahasa internet’. Memang, bahasa yang dipakai dengan menggunakan internet tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet berkomunikasi. Tetapi, walaupun ada banyak manfaat penggunaan internet, juga ada dampak yang negatif bagi mahasiswa TSM. Misalnya, pornografi dan SPAM sudah menjadi masalah besar. Sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk menghindar dari dampak negatif tersebut. Akan tetapi, karena dampak yang positif juga banyak, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk saat ini. Sebagai sarana komunikasi mahasiswa TSM, saya pasti bahwa di masa depan penggunaan internet akan menjadi lebih luas di kampus, dan berkomunikasi lewat internet itu akan menjadi sepopular penggunaan telpon.

    Sumber: http://www.stietrisakti.ac.id/forum/forum_posts.asp?TID=1

  3. Dampak Negatif dan Positif penggunaan Internet

    Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
    Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
    Dampak Positif:
    1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
    2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
    3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
    4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
    5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
    6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
    Dampak Negatif
    1. Pornografi
    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
    2. Violence and Gore
    Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
    3. Penipuan
    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
    4. Carding
    Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
    5. Perjudian
    Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
    1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
    2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
    3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
    4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

    http://ristiayu.blogsome.com/2007/06/02/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/

  4. The Ten Commandment of Computer Ethics ( 10 etika berkomputer di dunia cyber )

    Penggunaan komputer dan internet terus meningkat, saat ini sudah 149 juta orang diseluruh dunia yang menggunakan fasilitas internet dan diperkirakan pertumbuhan internet mencapai 12 % per bulan. Tujuan dan perilakunya pun memang berbeda. Umumnya orang dewasa menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaan dan untuk mendapatkan informasi, sedangkan anak-anak mengakses internet untuk kebutuhan hiburan seperti game, music, dan berkenalan dengan orang lain.

    Dengan banyaknya pengguna internet ini maka dapat dipastikan selalu ada sisi positif dan negatifnya. Cyberbullying ( pelecehan atau perilaku mengganggu didunia cyber ) adalah salah satu dampak negatif yang sering terjadi dan dari perilaku ini disurvey telah banyak mengganggu mental anak-anak remaja. Maka dari itu kita harus belajar bagaimana untuk mempunyai etika yang baik dalam ber komputer . Berikut sepuluh etika berkomputer, seandainya diterapkan oleh remaja dan profesional IT pasti dampak negatif dari penggunaan internet akan berkurang :

    1. Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain
    2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
    3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya
    4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
    5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
    6. Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar
    7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan
    8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain
    9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
    10. Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer

    Sebagai netizen (masyarakat cyber ) kita harus bersama-sama belajar untuk lebih baik lagi dalam melakukan cyberworld ethics, saya yakin dengan perkembangan dunia internet yang begitu cepat dan diimbangi dengan etika berkomputer yang baik pasti perkembangan didunia IT akan lebih baik lagi.

    Disarikan dari : cyber world ethics
    “The Ten Commandment of Computer Ethics”

    Yehezkiel A.G, adalah pengamat sekaligus praktisi dunia manajemen bisnis masa kini.

  5. Saat ini keponakan saya sedang gandrung bermain gitar. Ya seperti masa-masa SMP saya dulu yang juga suka sekali memainkan alat musik ini, meski cuma hafal beberapa chord lagu populer masa itu. Kebetulan dirumah ada MP3 player, Ia langsung memasang CD MP3 koleksinya dan mencoba mencari chord-nya.

    Saya ikut membantu mencarinya, tentu sebatas yang saya bisa. Ada satu lagu yang sudah berulah kali diputar masih belum ketemu juga bagaimana cara memainkannya. Saya ingat di dekat rumah saya ada warnet, langsung saja saya ajak Ia berselancar mencari chord lagu itu. Tidak lebih dari satu menit, chord lagu itu ketemu.

    Senang bercampur heran terpancar dari ekspresi wajah keponakan saya itu. “Kok bisa semudah itu Om,” katanya. Saya langsung menjawabnya sambil memperkenalkan bagaimana internet bisa berfungsi untuk kita belajar, belajar apa saja. Maklum di kampung saya, internet baru saja dikenal. Belum ada dua tahun internet masuk dan baru beberapa bulan ini warnet-warnet muncul.

    Tapi saat saya bercerita ke istri, Ia langsung memperingatkan saya. Internet juga bisa menjadikan anak terjerumus ke hal yang tidak baik, pornografi misalnya. “Di internet kan banyak video-video porno yang sangat mudah diakses,” katanya.

    Benar juga pikirku. Tapi apakah dengan alasan itu lantas kita tidak perlu memperkenalkan internet pada remaja ? Saya pikir itu bukan langkah yang tepat. Beberapa hari ini saya merenung bagaimana caranya ya agar internet itu lebih memberi efek yang positif kepada remaja seperti keponakan saya itu.

    Ini hasil perenungan saya :
    • Perlu pendampingan terlebih dahulu sebelum melepas mereka berselancar sendiri di internet.
    • Lebih banyak memperkenalkan hal yang menarik yang bisa memberi pemahaman yang positif tentang internet, misalnya menghubungkan dengan hobinya. Kalau suka bermain gitar, ya ajak mencari pelajaran bermain gitar di internet.
    • Ajaran moral juga perlu ditanamkan untuk membentengi perilakunya dari efek negatif internet.
    • Perlu polisi internet (?), hehehe…ini bukan hasil saya merenung, tapi baca di sini.
    Teman-teman mau menambahkan ?

  6. Negatif dan Positif dari Internet

    Menurut saya antara positif dan negative seimbang seimbang saja,banyak positifnya,banyak negatifnya juga.

    Negatif Internet

    Negatif internet adalah game game yg gampang mempengaruhi pelajar-pelajar mulai dari Sekolah Dasar sampai kuliah.Chatting (chatting mencari pacar)salah satu dampak dari negative internet.Dan juga website2 yg kurang baik seperti gambar pornografi dan game2 pornografi.Banyak orang yg mengaku game-game internet hanya untuk hiburan namun sekarang kenyataannya beda,banyak orang yg melakukan itu sebagai kegiatan sehari-hari.

    Positif Internet

    Positif internet adalah sebagai hiburan di hidup kita juga kretivitas menulis seperti blogger,multiply,ataupun wordpress.Positif ke-2 dapat berkomunikasi dengan kawan kita ataupun keluarga dengan email taupun chatting.Positif terakhir adalah dapat mengerjakan pr atau mencari info dari google,yahoo,dll.

  7. klo pendapat kami neh… om en tante… manfaatnya lebih banyak. Kalo banyak negatif, ntar temen2 bumgembul malah dilarang pake internet. wah… jadi sepi donk… bumgembul gak bisa cerita yg seru2 lagi… hik..hik…hik..

  8. menurut kepercayaan agama saya pornografi, seks, poligami, entot-mengentot, narkotika itu dilarang klo misalnya ketauan klo blom apa boleh buat yg pnting enak

  9. klo menurut gw teknologi kdng”pntng tpi kdng” g pnting jd klo g mepet” bgd tuk nggunaiinya g usah di gunaiin deh dri pda kenA dampak negatifnya…rugi bgd lw

  10. ………………………………………………………………………………………………………………….
    GK NGERTI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. kasih tw yg bnr kek !!!!! jgn ngasal…..
    cuiH~ jawaban lo semua..
    truz tolong minta jawaban dampak negaTiP~ n poSiTIP~ unTyuk remaJa… bkn anak”‘

  12. oooooooh seperti itu kah dampak positip n negatif internet,bukan kah internet sebagai media untuk menambah ilmu pengetahuan………..???apa kata dunia????

  13. bagus bisa belajar dari web kiya gini daripada lihat porno,hame n lain2 gaul bgt bagi aku yg iq nya 120

  14. bagus bgt!tp yg positif aj kali!!!!!!!!!!!!!!!!!!!yg negatif dibuang aja kali!!!!!!!!lgian yg negatif ngapain di ambil?apa sih untungnya?ta kl game boleh2 aja!

  15. saya setuju dampak negatif lebih banyak daripada dampak positif,lebih baik situs-situs porno dihilangkan

  16. saya setuju :
    – dampak negatif yaitu banyaknya situs porno dapat merusak kebudayaan dan kehidupan para pemuda indonesia

    – dampak positif kita bisa tahu banyak situs porno dan bisa tau siapa saja artis bokep . nomor telepn jablay
    dan yang paling penting bisa ML di Warnet bareng pacar

  17. maaf kata yg tdi harap di hapus cz itu hanya orabg iseng yang sinting .

    saya setuju karena internet banyak sekali dampak positif maupun negatif .
    dampak positifnya adalah saya sebagai pelajar kita bisa mendapat informasi lebih banyak dan lebih komplit tapi kita juga jangan selalu mencopy paste tapi utk dibaca dan dipahami apabila masih kurang menurut kita bisa kita tambah .

    dampak negatif adlah :
    dengan banyaknya situs porno yang semakin banyak menyebar di situs yang berisikan pengetahuan bagi pelajar ternyata banyak juga disimpan jalur” cepat menuju situs yng kurang baik (porno) sehingga pelajar mnjadi penasaran dan mencoba membuka lalu setelah tahu itu mengasyikan bisa” yang asalnya pelajar mencari tugas malah membuka situs XXX .

    JADI APA GUNANYA UU PORNOGRAFI ??
    gak ada gunanya malah itu membuat situs XXX semakin banyak di situs yang berisikan pengetahuan malah terdapat situs yang sangat aneh !!

  18. jadi klo nyari apa aj jdi gampng tinggal nyari di gogle lagian klo nyari di buku kelamaan daaannn malay

  19. coment saia adalah
    sbenernya kalo ghitu tergantung kita sendiriyang makenya…..
    coba kalo kitamakenyauntuk baik-baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik juga.

  20. sepertinya apapun akan sangat tergantung pada kepentingan kita sendiri, TIK atau pun namanya akan sangat bermanfaaat dan akan sangat idak bermanfaat kalau kita tidak bisa mengelolanya dengan baik…

  21. terlalu lama di depan layar komputer tidak baik untuk kesehatan mata.pornografi,penipuan,perjudian,carding.
    bermanfaat untuk mencari tahu perkembanga di dunia .

  22. Aaaaargh!!!! membosankan+membingungkan…!!!
    harus.a angka.a tu jgn ditls pke’ hruf!!!! tpi pke’ angka donk!!!! bikin gw mles bca aja!!!!

  23. mendingan internet itu di gak ada kan kalo gak bisa kecanduan ,kalo cara lain jangan sering maen internet dikurangin.>>>>>>>>>>>>

  24. dampak negatif : dapat merusak akhlaq keagamaan remaja masa kini, karena melihat situs porno
    dampak positif : orang-orang akan tahu perkembangan teknologi masa kini.

Leave a reply to dea Cancel reply