Posted by: isronax | February 9, 2007

Menghindari Jet Lag!

Kalau kamu suka melakukan perjalanan catatan dibawah ini bisa jadi akan membantu mu. 

Perjalanan antar benua atau negara bisa membuat penat dan pening tujuh keliling. Pernahkah kamu merasakan apa yang disebut dengan Jet lag pada saat melakukan perjalanan jauh?

Apa Jet Lag?

Jet lag adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh adanya perubahan kondisi dalam sistem waktu ditubuh kita. Sitim waktu ditubuh yang dimaksud adalah pola tidur. Ketika melakukan perjalanan yang melewati zone waktu yang berbeda biasanya jam biologis kita mengalami perubahan.

Otak kita sebenarnya dapat menyesuaikan gangguan pada jam biologis namun demikian, otak memerlukan waktu untuk mengubah pola seperti biasanya. Nah, kondisi dimana otak kita mencoba mengubah/menyesuaikan jam biologis, inilah yang disebut dengan JET LAG. Artinya jet lag bukan hanya sekedar ada dikepala kita, melainkan meliputi keseluruhan dari sistim psikological tubuh kita.

Modifikasi kebiasaanmu,

Begitu kamu sampai dinegara tujuan segeralah berusaha untuk melakukan penyesuaian dengan kondisi setempat. Misalkan kalau kebiasaan kamu tidur jam 11 cobalah untuk mengubahnya menjadi jam 9. Idealnya kamu dapat mulai mengubah jam tidur kamu di pesawat, cobalah tuk mulai tidur dengan pola yang baru.

Jauhi Cafeine dan Alkohol

Airport modern dewas ini dilengkapi dengan berbagai fasilsitas yang akan memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya. namun demikian minum alkohol dan kafeine dapat membuatmu menjadi jetlag. Air, juice dapat membuatmu menjadi lebih nyaman. Siapkan tubuhmu untuk mengalami perubahan zona waktu, usahakan untuk tidak mengalami kekurangan cairan didalam tubuhmu.

Pulihkan kesehatanmu!

Jet lag dapat juga menyebabkan kamu menjadi flu, kondisi seperti ini tidak bisa hilang dalam sehari dua hari. Nah untuk mengatasinya cobalah bernapas panjang, minum beberapa aspirin, banyak minum dan tentunya istirahat yang cukup akan membuatmu segera pulih.


Responses

  1. saya kalau jet lag…ngeblog aja..

  2. paling sebel kl pas dpt jet lag tapi untung ga terlalu sering🙂

  3. biar ngak pernah dapet jet lag, ngak usah pergi jauh jauh aja kai yah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: