Posted by: isronax | March 1, 2007

Bawang Putih tidak menurunkan kolestrol

bawang putihBawang putih memang bumbu ajaib untuk setiap masakan, tetapi ternyata tak cukup mampu menurunkan kadar kolesterol seperti yang selama ini dipercaya. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat.

Sebelumnya memang telah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat bawang putih terhadap kadar kolesterol, namun studi perbandingan yang dilakukan para peneliti terhadap bawang putih atau suplemen bawang putih ternyata tidak ditemukan dampaknya untuk kolesterol.
Bawang putih telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati penyakit jantung, catatan pertama tentang hal ini ditemukan di Mesir yang berasal dari 3500 tahun lalu.

Alicin, zat yang ditemukan pada bawang putih, dianggap mampu menghindari terbentuknya kolesterol, para ahli pernah melakukan ujicoba terhadap 90 jenis hewan dan berhasil. Di era 1990-an, studi kepada manusia juga menunjukkan adanya manfaat. Namun menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archieves of Internal Medicine, riset terdahulu itu kurang menunjukkan bukti yang kuat.

Dalam riset perbandingan terbaru ini, para ahli melakukan monitoring terhadap 170 orang berusia 30-65 ahun yang memiliki kadar LDL (kolesterol jahat) tinggi selama enam bulan.

Para responden tersebut dibagi dalam empat kelompok. Pertama adalah mereka yang diminta mengkonsumsi empat gram bawang putih setiap hari. Kelompok kedua adalah mereka yang mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen bubuk, ketiga mereka yang memilih ekstrak bawang putih, dan terakhir untuk yang mengkonsumsi suplemen lain.

Keseluruh responden disarankan untuk menghindari makanan lain yang mengandung bawang putih dan bwang merah. Setiap bulan mereka dipantau kadar kolesterol dalam darahnya.

Ternyata hasilnya kontradiktif dengan yang diharapkan yakni untuk menurunkan kolesterol. “Tidak ada efek yang signifikan dari ketiga jenis bawang putih itu terhadap konsentrasi LDL,” kata Dr Christopher Gardner, ketua tim peneliti.

Dampak negatif dari mengkonsumsi bawang putih juga tidak ditemukan meski seluruh responden yang mengkonsumsi bawang putih asli dilaporkan mengalami bau badan dan bau mulut.

Ditambahkan oleh Gardner mungkin bawang putih baru berhasil menurunkan kadar LDL pada sub populasi tertentu, misalnya mereka yang kadar LDL nya sangat tinggi.

Menurut Judy O’Sullivan dari Yayasan Jantung Inggris, cara yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung dan kadar kolesterol adalah dengan melakukan diet seimbang dan berolahraga. “Untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, sebaiknya makan makanan bergizi seperti sayur dan buah dan makanan rendah lemak, kurangi pula konsumsi garam, dan jagalah agar fisik selalu aktif,” katanya.

Sumber: BBC


Responses

  1. matur nuwun infonya kang, saya gak pernah lihat/denger berita di BBC.

  2. ohhh gitu toh?
    tapi ngaruh sama bau badan ga ya?

  3. Katanya sih bawang putih ngak begitu pengaruh ama bau badan, yang membuat badan bau adalah kalau ngak pernah mandi hik hihk

  4. boleh kasih pendapat ga?
    mungkin bawang putihnya ga ngefek ama kolesterol adarah krn bawang putihnya di tanam di daerah yg berbeda..karena setau saya tidak semua tanaman dengan spesies yg sama punya efek yg sama..tergatung tempat dmn dia di tanam..berbagai faktor yg mempengaruhi..
    tp bener ga ya?
    hehehehehe…

  5. kalo buat kanker, gimana? ada riset terbaru gak? yang aku baca2, kalo buat kanker efektivitas selain tergantung pada tanah tempat tumbuhnya (ngaruh ke komposisi kimiawi), juga cara penyiapan pra-konsumsinya? yaitu harus dihancurkan dulu (digeprak/diiris/diuleg) terus dibiarkan 15 menit baru dimakan atau dimasak?

  6. apa ada manfaat bawang putih yang lain selain ini misalnya mengobati sakit masuk angin tapi masuk angin nya yang gak smbuh sembuh, karena kakak saya kena penyakit masuk angin yang sukar sembuh. banyak dokter bilang kalo sakitnya gangguan fungsi ampedukarena ada batu di ampedunya. tapi ada dokter yamg bilang kalau bukan natu ampedu tapi ada tumpukan lemak di ampedunya. bagaimana apakah bawang putih dapat menyembuhkannya?

  7. Yg jelas dgn mengkonsumsi bawang putih yg mentah bermamfaat untuk mengusir lawan bicara kita …..he…he…baunya mbo

  8. manfaat bawang putih untuk sel darah merah apa sih?

  9. ap salahnya kalo kita menkonsumsi bawangputih.selama tidak merugikan kesehatan boss.selama uji medis mash belum final

  10. lha kalau obat mahal dan yang murah penuh efek, kan minum bawang bisa jadi pilihan. tak salah mencoba bawang. 3 x sehari. tiap minum satu siung besar. silahkan coba seminggu. Seminggu bau sedikit tidak apa asal sehat terbebas dari sakit.

  11. bawang putih yang bisa menurunkan kolesterol yaitu yang bersiung tunggal yang biasa disebut Bawang Lanang

  12. woh,,bru thu ak low bawang putih bsa mnurunkn kolesterol,,,,,,kirain hya untk bumbu ajah,, ih tp kn gak enak bgt,,agak getir2 gmn gtu,,uh
    tp low bawng putih 5ng bsa knpa g???
    tak coba deh wlupun rasa’y gak enak

  13. pengaruh yg sy rasakan setelah beberapa minggu mengkonsumsi 2-3 siung bwg putih al: ketagihan (spt klo kita makan gorengan lalap lombok), porsi makan berkurang (cepet kenyang) dan jika berlebih rasa badan jd panas/berkeringat banyak, stamina bertambah spt dopping. jd sy merasakan banget manfaatnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: