Posted by: isronax | March 15, 2007

Jadi guru ngak gampang koq!

Sejak dua hari lalu aku mesti nyiapkan makalah pendek buat in house training. Bingung cari tema, tulisan yang pas.. ah kahirnya aku nulis parsial aja..ngak ilmiah memang. Paling tidak lumayan buat sekedar menyegarkan kembali tugas dan fung si kita sebagai guru, pendidik.

Aku tulis mulai dari betapa menyenangkan menjadi guru. Menantang, setiap hari mesti ada sesuatu yang baru. KArena keseharian kita sering kali kita menjadi lupa dengan yang mestinya kita lakukan. Sering kali kita berpikir sangat rumit, padahal yang  sederhana dan esensi begitu dekat dan teramat dekat. Yang sederhana bisa jadi menjadi sangat menarik, yang ilmiah bisa jadi malah tidak menarik…

Keseharian kita di depan kelas, emang ngak bisa ditawar tuk selalu memahami bahwa anak didk kita adalah makhluk kecil yang terus berkembang, hidup menyongsong masa depannya. Mreka ini lah yang mesti kita bangun tuk bisa hidup dimas yang akan datang. Makhluk kecil yang suatu ketika akan menjadi manusia dewasa, hidup di masa dimana mereka dewasa, membawa bekal hidup dari masa dimana kita hidup sekarang.

Makhluk kecil in ternyata mengandung energi yang sangat besar sekali. Kita menaruh harap yang sangat besar sekali untuk mereka. Makhluk kecil yang akan menjadi sebuah generasi baru. Bagi seorang guru, pendidik mestinya dapat merancang sebuah generasi baru lewat kelas-kelas di sekolah kita.

Ntar aku teruskan deh……


Responses

  1. Makhluk kecil kayak tuyul yah?🙂
    Ok ditunggu kelanjutannya pak Guru, saya mah cuma ngajar saja.

  2. Hi hih semoga aja ngak jadi tuyul beneran!
    Iya.. nih koq mentok gitu mau nerusin
    ah……aku mending ngjar aja dulu kali ntar dapet inspirasi.

  3. nah itu lah…kadang orang tua suka lupa….
    makhluk kecil itulah yg perlu dipupuk sehingga besarnay memiliki hidup yg bermakna….

    tuyul???? *halah*

  4. merancang sebuah generasi hmmm bagus tuh jadi topik

  5. he….he… wah banyak banget para guru!

  6. (eh..kok gelap bener sih??)
    kita banyak berharap sama bapak ibu guru,
    semoga generasi masa depan kita lebih baik.

  7. Peyek: he eh eh guru emang banyak ada dimana-mana loh, maksih dah dah mampir

    dalamhati: doanya deh, biar kita tetap komit membangun generasi baru bangsa kita.

  8. emang gak gampang lagi lagi jadi guru, makanya guru tuh disebut pahlawan tanpa jasa … never give up yah

  9. Makasih Cheu2, semoga aja kita bisa never give up.
    Guru sekarang ini emang banyak yang mesti dilakukan buat anak2 didiknya. diera serba maju ini guru juga pantas memacu dirinya, biar ngak pernah ketinggalan.

    Bisa dibayangkan kalu guru seperti aku ini ngak ngikuti perkembangan yang terjadi dibumi yang fana ini, aduh mau kayak apa anak didik ku dimasa depan.

    Bocah-bocah kecil yang lucu-lucu (bukan tuyul loh*) sepertinya dah ngak sabar lagi dihidup dimasanya, terasa sekali mereka “berontak” tuk mendapatkan masa depannya. AKU cuma bisa bilang sama mereka, sabar yah..nak kamu pasti akan sampai. Nah sekarang kamu mesti siap bekal dulu. Bawa cangkingan yang banyak gitu, bawa juga peta dan kompas hidup biar ngak tersesat.

  10. Kang Is,..
    saya pernah mengajar guru. Ternyata lebih repot mengajar guru daripada mengajar ‘murid’ asli. tipikal keras kepala dan merasa lebih tua gt lah… oknum kali yah?🙂

  11. ehmm menarik juga, mengajar guru ternyata lebih repot, sebuah pengalaman menarik tentunya. ehmm paling tidak ada tiga ciri yang bisa kita angkat dari pengalamana kang alle.

    pertama, mengapa ngajar guru lebih repot daripada ngajar “murid”?
    kedua, guru yang tipikal keras kepala (batok kepala emang keras khan:))
    ketiga, ada guru yang merasa lebih tua

    menarik-menarik, kayaknya mesti ada kajian nih untuk tiga hal ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: