Posted by: isronax | August 13, 2007

Tahun Pusing

Buat orang tua dan anak-anak setiap bulan juni-juli merupakan bulan-bulan yang bikin kepala cenut cenut yakin lah. Gimana ngak cenut-cenut urusan masuk sekolah sekarang ini bukan urusan gampang, mesti siap jiwa raga dan mental, dan money. Sekolah makin lama makin mahal. Sekolah Negeri yang mestinya bisa gratis alias tidak bayar malah sebaliknya. Di negara-negara maju yang namanya sekolah negeri alias public school mestinya ngak bayar.

Masuk sekolah jadi semacam hak yang ngak bisa ditawar, ngak ada alasan ada alasan seorang calon siswa di tolak masuk ke sekolah, ini mestinya prisip wajib belajar. Pendidikan dasar yang di wajibkan pemerintah belom menyentuh tataran ini. Konsep sekolah gratis hanya impian belaka. Loh aku ini mau cerita apa sih?

Balik lagi dulu deh ke tahun pusing…dimana setiap yang namanya ortu dan anak berusaha keras bisa masuk ke sekolah favorit. Sejak proses Ujian NAsional ortu semakin bertambah pusing karena tiga mata pelajaran menjadi salah satu indikator seorang siswa naik kela/lulus dari satu jenjang pendidikan. NEM yang pas-pasan jadi bagian dari proses berpusing ria.

Anggaran masuk sekolah tidaklah sedikit…2 juta-10 juta mesti disiapkan tuk masuk ke sebuah sekolah. Anggaran diatas angka yang saya sebutkan juga ada…cuma berani ngak itu aja persoalannya. Seragam baru, alat tulis baru, tas baru menjadi mata anggaran sendiri..ck ck ck….


Responses

  1. Kelihatannya pemerintah tidak berfikir untuk orang miskin. Janji sekolah gratis itu hanya lelucon. tidak terbayangkan biaya pendidikan di sekolah pemerintah lebih mahal dari swasta. tapi kenapa kaum reformis dian aja ya ?….

  2. whuaaaaa……bukan cuman orang tua yg stress mikirin biaya…anak2 juga stress dengan kurikulum yang semakin dibuat ‘hebat’


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: