Posted by: isronax | August 30, 2007

Biaya Hidup Orang Miskin Mahal

miskin bangetBiaya Hidup Orang Miskin Mahal

JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan biaya hidup orang miskin di Indonesia lebih mahal dibandingkan orang kaya, karena kebanyakan orang kaya memasak dengan gas elpiji.

Berdasarkan banyak kajian termasuk dari Universitas Trisakti, penggunaan elpiji lebih ekonomis dibanding minyak tanah yang banyak digunakan masyarakat lapisan bawah.

”Untuk mendidihkan 2,5 liter air mengonsumsi minyak tanah Rp 225, sedangkan untuk elpiji hanya Rp 151. Jadi orang kaya memasak lebih murah dibandingkan orang miskin,” katanya dalam penjelasannya kepada pimpinan redaksi media massa untuk menjelaskan program konversi minyak tanah ke elpiji di Jakarta, Selasa (28/8) malam.

Kalla menyebut penggunaan minyak tanah untuk memasak merupakan pemborosan besar. Sebab harga minyak tanah sama dengan avtur, bahan bakar pesawat terbang.

”Jadi selama puluhan tahun bangsa Indonesia telah melakukan kekeliruan dalam memanfaatkan minyak tanah sebagai bahan bakar rumah tangga. Kekeliruan ini hanya terjadi di dua negara di dunia, yaitu Indonesia dan satu negara di Afrika,” ucapnya.

Dukungan Media

Didampingi Dirut Pertamina, Ari Sumarno, Kalla meminta semua pihak termasuk media massa, untuk mendukung program pengalihan minyak tanah ke elpiji.

Dalam program konversi ini, tegas dia, tidak ada yang dirugikan. ”Satu-satunya yang rugi spekulan dan tukang oplos,” tambahnya.

Wapres menjelaskan program konversi minyak tanah ke gas ini sudah disiapkan selama kurang lebih satu tahun terakhir dan diperhitungkan akan menghemat subsidi sebesar Rp Rp 35 triliun yang selama ini menjadi beban negara.

Dia tidak sependapat dengan anggapan masyarakat belum siap beralih ke elpiji karena harganya mahal, kurang fleksibel dan lebih berbahaya ketimbang minyak.

Faktanya, lebih banyak kasus kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan minyak tanah dibanding gas. Karenanya ia minta semua pihak, tidak menakut-nakuti rakyat yang ingin beralih ke gas.(A20-48)(www.suaramerdeka.com)


Responses

  1. great blog


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: