Posted by: isronax | April 3, 2007

Moving Class di Sekolah Berstandar Global

Pendidikan merupakan jembatan menuju kesuksesan. Siapapun yang hidup di dunia ini, berhak untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Untuk itu, tak disalahkan apabila setiap orang tua menjadi sangat hati-hati dalam menentukan sekolah untuk buah hatinya.

Menurut Ronny Preslysia, Public Relations Officer, Kharisma Bangsa, sekolah yang tepat dengan era globalisasi saat ini adalah sekolah yang menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum berstandar internasional, namun juga menekankan nilai-nilai akhlak yang mulia kepada anak didiknya. Sehingga dihasilkan insan cendekia dengan akhlak yang terpuji.

Ronny mencontohkan Kharisma Bangsa. ”Kharisma Bangsa didirikan dengan harapan mampu menyelenggarakan pendidikan berstandar global, tanpa mengesampingkan pembangunan karakter para siswanya,”kata Rony. Tentu saja, hal itu bukan sekadar isapan jempol semata. Implementasi misi pendidikan yang diemban Kharisma Bangsa pun secara konsisten telah diterapkan pada sistem belajar-mengajar sehari-hari.

Salah satu sistem pendidikan yang diterapkan Kharisma Bangsa adalah Moving Class (kelas berjalan). ”Moving Class merupakan sistem belajar-mengajar bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas, bukan sebaliknya,”terangnya. Sehingga, terdapat penamaan kelas berdasarkan bidang studi. Misalnya, Kelas Biologi, Kelas Bahasa, dan Kelas Fisika.

”Setiap kali subjek pelajaran berganti, maka siswa akan meninggalkan kelas, dan mendatangi kelas lainnya sesuai dengan bidang studi yang dijadwalkan,”terangnya. Moving Class, merupakan sistem pendidikan yang telah lama diimplementasikan diberbagai sekolah di luar negeri. Keunggulan sistem ini, para siswa lebih punya waktu untuk bergerak, sehingga selalu segar untuk menerima pelajaran. Sementara para guru, dapat menyiapkan materi pelajaran dengan lebih baik.

Penerapan sistem Moving Class di Kharisma Bangsa, sejalan dengan keberadaannya sebagai salah satu sekolah mitra kerja Pasiad Indonesia (Pasiad). Pasiad sendiri merupakan sebuah lembaga solidaritas yang berasal dari Turki. ”Sejak awal Pasiad memiliki kepedulian yang besar terhadap dunia pendidikan. Tidak hanya di Turki, melainkan juga disejumlah negara kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, dan Eropa,”tuturnya.

Sementara keberadaan Pasiad di Tanah Air, mengemban misi untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat Indonesia. Terutama, dalam membangun, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan pendidikan, sosial, dan budaya yang berorientasi pada peningkatan akhlak, dan kualitas keilmuan.

”Di Indonesia, Pasiad memiliki lima sekolah mitra, salah satunya Kharsima Bangsa. Di setiap sekolah mitranya, Pasiad memiliki kekhasan dalam menjalankan sistem pendidikannya. Termasuk, dengan penerapan sistem Moving Class,”terangnya.

Selain sistem Moving Class, kekhasan sistem pendidikan Pasiad yang turut diimplementasikan di Kharisma Bangsa adalah Bilingual System (sistem dwibahasa). Dengan komposisi 70 persen bahasa Inggris, dan 30 persen bahasa Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk keinginan menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional. Kekhasan lainnya adalah penerapan sistem Mother Class Program (program ibu kelas). Program ini, kata Ronny, diadakan untuk menjembatani informasi yang ada dari sekolah ke orang tua, dan sebaliknya. Sebagai implementasinya, dalam setiap kelas, dipilih satu orang orang tua atau wali murid untuk menjadi Ibu Kelas.

Kekhasan yang menjadi unggulan lainnya adalah adanya sistem asrama (boarding school). Sistem asrama di Kharisma Bangsa diperuntukan bagi siswa SMP dan SMU. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan sistem ini. Diantaranya adalah, mengoptimalkan waktu belajar, memupuk kedisiplinan, dan kemandirian pada diri siswa. Serta, memastikan anak berada pada lingkungan yang aman dari pengaruh-pengaruh buruk yang ada di lingkungan luar sekolah. Seperti, pergaulan bebas, dan narkoba.

Global
Era globalisasi merupakan era persaingan yang kompetitif. Untuk dapat bersaing, dan meraih sukses, mengenyam pendidikan di sekolah berstandar global adalah salah satu cara yang dapat ditempuh. Menurut Ronny, seperti sekolah mitra kerja Pasiad Indonesia lainnya, secara umum kurikulum yang diterapkan mengacu pada Kurikulum Nasional. Namun dalam implementasinya, Pasiad memperkaya khasanah sistem pendidikannya dengan kurikulum yang dikembangkan sendiri dan mengacu pada kurikulum internasional.

Namun, kurikulum internasional yang dimaksud tidak hanya merujuk pada kurikulum Turki saja. Namun juga, meramu kurikulum dari sejumlah negara lainnya. Tentu saja, yang diambil adalah manfaat positif yang dapat dipetik dari sejumlah kurikulum diberbagai negara tersebut. Dengan harapan, alumni dapat memiliki daya saing secara global

About these ads

Responses

  1. aduh sekolahku baru amu nyoba, tapi bisa ngak yach dengan jumlah kelas lebih sedikit dari jumlah rombel

  2. mulai dari yg sedikit akan lebih efektif. akan sangatmenarik

  3. semoga bisa mencetak anak didik yg berkualitas…
    ngeri sekarang cari sekolah utk anak2 kita….
    itu dimana ya lokasinya ya kang?

  4. SMAku dah dari dulu menerapkan moving class… asik lagi… abis pelajaran bisa jalan jalan dulu, pindah ke ruang lain, bisa ngecengin adik kelas pas papasan di jalan, dan sebagainya…
    keuntungannya, siswa tidak boring dengan keadaan kelas, terus juga melatih kedisiplinan, terutama dalam ngerjain pe er, karena bakal jarang yang akan ngerjain pe er di kelas sambil nunggu guru dateng… yang ada, kita mesti siap dengan pe-er yang udah dikerjain di kelas… kerugiannya… rawan pembolosan…

  5. semoga SBI sukses dan penuh barokah. Amin

  6. sebenarnya apakah ada peraturan atau standar khusus untuk dapat melaksanakan sistem moving class disuatu sekolah? misalnya dalam pengaturan jadwal pelajaran yang ideal untuk pelaksanaan sistem ini, SDM, sarana, maupun prasarana dari sekolah dengan sistem ini tentunya berbeda. saya sangat mengharapkan informasinya. untuk itu sebelumnya saya ucapkan terimakasih!!!!

  7. Seatu saya tidak ada aturan/standar khusus. jadwal tetap mengikuti alokasi/jadwal pelajaran yang biasa diterapkan disekolah. dalam hal ini sekolah mesti menghitung benar berapa waktu yang diperlukan oleh anak-anak berpindah dari satu kelas kelas lainnya. di sekolahyg menerapkan sistim ini waktu perpindahan dibatasi sekitar 3-5mnt, kalau terlalu lama anak2 bisa jalan2 kemana dulu. jadi mereka juga belajar bergegas masuk kekelas. YAng gaka perlu persiapan yang matang adalah jadwal, karena harus serentak. bisa diakali dengan membagi per 2 jam pelajaran tuk berpindah. SDM=guru, tentunya harus berimbang dengan jumlah kelasnya. Pada moving kelas, ruang kerja guru benar2 kelasnya. Guru matemetika misalnya dia bisa seharian di kelas Matemetika (diluar jam istirahat tentunya).

    >>>”Moving Class merupakan sistem belajar-mengajar bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas, bukan sebaliknya,”terangnya. Sehingga, terdapat penamaan kelas berdasarkan bidang studi. Misalnya, Kelas Biologi, Kelas Bahasa, Kelas Kewarganegaraan dan Kelas Fisika.

  8. Semoga apapun pendekatan yang digunakan tidak lupa menyertakan guru sebagai aktor utama, pelaksana dari semua metode dan teori di kelas.

  9. aq setuju bgt utk diadakannya moving class tsb, dgn adanya sistem moving class maka para siswa bs sekalian melakukan penyegaran sewaktu pindah kelas…… klo bisa sistem tsb diterapkan di seluruh sekolah yg ada di Indonesia….

  10. Moving class emang cukup menarik untuk bisa diterapkan yah…
    tinggal membangun management yang baik..dia bisa digunakan

  11. mungkin dianalisis dari sudut pandang saya seorang guru mungkin moving class lebih praktis dan mengurangi inefisiensi seorang guru yang datang molor padahal sudah saatnya mengajar.

  12. sekolah q baru ja nerapin Moving Class, but sarana and prasarana skola q belum memadai dan model sekola q ga mendukung bgt………..yang q syang siiii temen2 skul kbanyakan ga ska termasuk q siiiiii, tapi kok kpala skola q ga bsa beriin yang terbaik tuk siswa kok………malahan kta mkin susa tuk nerima plajaran but no problem

  13. saya sudah lama menerapkan moving class. namun yg perlu di design metode pembelajaran di kelas. bagaimana guru dapat menyampaikan materi menarik bagi siswa, karena kecendrungan siswa bisa bolos pada mata pelajaran tertentu. siswa belajar pada mata pelajaran yg ia suka saja. Khusus untuk sekolah SBI moving classnya ditambah dengan kelas matapelajaran berbasis teknologi. sekarang kan komputer sudah merakyat, bagaimana kita dapat mentransver ilmu kesiswa dengan membuatkan medianya menggunakan komputer sehingga siswa dapat belajar kapan saja. saya juga guru dan berupaya merancang pembelajaran dan menjelaskannya semua dalam bentuk file data di komputer. jadi siswa saya dapat belajar dan mendengarkan penjelasan yang saya rekam. pada waktu tatap muka dikelas tentu siswa akan banyak pertanyaan dan lokal hidup. siswa sudah menemukan konsep dasarnya di materi yg dirancang di komputer. Siswa dibebaskan mengcopy file yang sudah kita jelaskan melalui komputer (tutorial berbentuk multimedia) tanpa membayar, Disini memang dibutuhkan loyalitas seorang guru. Susahnya hanya Tiga tahun pertama tapi akhirnya toh membuat kerjaan kita guru lebih ringan.

    • hmmm……….informasi yang menarik pak…kami baru akan menerapkan sistem pembelajaran ini.saya bisa minta info lebih lanjut lgi?

  14. aku lagi cari bahan buat skripsi kebetulan temanya tantang moving class,kalo teman teman punya sedikit pengalaman tolong di bagi

    • Aku lg buat skripsi ttg moving class,mohon bantuannya untuk referensi buku dan jurnal pendukung….(evelyne_portofolio@yahoo.co.id) ToOlongin yaaa

  15. mungkin ini bukan komentar tapi saya mau tanya tentang SBI, apa sih sisi positif dan negatifnya SBI.tolonglah dibalas di mail saya.
    trima kasih

  16. no comment deh……….

  17. sekolah kami baru tahun ini menjalankan moving class, awalnya memang kacau dan menebalkan, tapi lama-lama kami bisa beradaptasi, sekarang semua waga SMAN 2 situbondo merasa enjoy dengan sistem ini,saya dan anak KIR bimbingan saya lagi meneliti keefektifan pembelajaran dengan sistem moving class ini

  18. QW, moW TanyA NeH! aDa gAk sIh tEoRi yAnG TeRKaIt dEngAn MovInG ClAss.

    • saat ini saya juga lg mencari hal yang sama, Mohon bantuannya yaa..Pleasse (evelyne_portofolio@yahoo.co.id)

  19. setuju aja sich ma moving class…..
    Tp dampak negatifE juga harus di pikir mateng – mateng,,,yang paling penting kesadaran siswanya
    Faktanya moving kelas, dapat menghambat pembelajaran karena waktu yang di perlukan untuk pindah ruangan,,,selain itu kebersihan kelasnya jadi kurang da tanggung jawab ( yang buat kelas kotor buanget )…kadang kalo da barang yang kitinggalan di kelas, barang tu mesti ilang entah kemana ( kadang ja sich )Jadi moving kelas membutuhkan kesadaran yang amat sangat penting dari siswanya….(^_^)v

  20. Moving class pada sekolah yang besar memerlukan kedisiplinan dalam hal ini siswa, karena guru otomatis sudah berada di kelas. oleh karena itu perlu ada pengaturan yang ketat ketika siswa berpindah tempat misalkan aja dengan memberikan waktu 2-3 menit untuk moving class. bell sekolah yang agak panjang menandai pertukaran kelas, kringgggggggggggggggggggggggggggggggggggg

  21. Saya salut dengan kegiatan moving class. Saat ini saya sedang internship di Daniel High School South Carolina sambil ikut kuliah satu semester di Clemson Univ. bersama 13 orang guru dari berbagai negara. Dengan moving class, suasana seperti perkuliahan. Guru punya kelas yang dipoles sesuai subject. Misalnya matematika, ruangannya penuh dengan proster matematika. Tidak terlalu serius, karena dibarengi dengan tokoh kartun yang lucu. Saat pergantian kelas, disediakan 5 menit untuk mencari kelasnya. Guru menunggu di depan pintun kelas. Mereka memberlakukan SKS.

    >>>>>> Hallo Ilham, maksih dah berkunjung. cerita donk lebih lanjut tentang kegiatan ini, siapa itu bisa di sharee dengan sekolah sekolah di tanah air, salam, isronax<<<<<<

  22. implementasi sutau konsep memang membutuhkan proses untuk dapat diketengarai berhasil tidaknya. Dalam proses itulah semua komponen (guru, materi, media, teknik dan pendektan serta siswa) harus diarahkan pada satu visi keberhasilan. bagi saya moving class merupakan alternatif dari sekian alternatif yang ditawarkan oleh para pakar untuk mengatasi beberapa kendala dalam beajar seperti kejenuhan, ketidaknyamanan, dan sikap pasif siswa. tapi walaupun demikian moving class juga memiliki beberapa kendala yang harus bisa dicarikan solusinya.

  23. tuk tahun ajaran baru, ada rencana SMP kami akan mulai menggunakan moving class, kami yang belum berpengalaman ini mohon bantuan rekan-rekan untuk memberikan informasi apa yang harus kami lakukan dan persiapkan dalam rangka merealisasikan moving class. sebelum dan sesudahkan kami ucapkan terimakasih.

  24. sekolah kami (SMA) berencana memberlakukan movingclass,berapa banyak sih lokal/kelas yang diperlukan ? Apakah perlu ada kelas reserve ? Sekarang dengan metode lama ada 18 kelas untuk 648 siswa, bagaimana implementasinya yach ?
    Tolong info atau sarannya donk.
    Thank U

  25. asik kali ye !!! menggunaan moving clss, kami akan memulai awal tahun ajaran menggunakan moving class. Belum tahu sih kendala yang mungin akan terjadi. Mudah-mudahan saja bisa berjalan sesuai harapan. n tolong donk kasi saran dan tanggapan tentang pengaturan, rancangan ruangan dan metode pembelajaran. Thank ya.

  26. Sharing dong, sklh sy tahun ini merencanakan moving class, tolong dong emailkan contoh jadwal unt moving class ke spstwn@yahoo.com, terima kasih.

  27. hai, aku juga pingin minta daftar moving class. toloo oooong doong kirim ke emailku :kris_smarak@yahoo.co.id

  28. Bagus juga tuh, dapat mengeksplor berbagai sumber daya yang ada, sehingga pendik harus lebih ekstra kreatif dan pesdik lebih dalam penguasaan materinya dengan adanya berbagai sumber yang ada.

  29. To tmn2 yg peduli pendidikan,sama2 yu..,skl q jg thn ini mo pake moving class,doain ya biar semuanya lancar!

  30. Jadwal moving clas sebenernya sam aja dengan jadawal biasa,,, yang penting tentunya harus didukung oleh jumlah ruang yang memadai, misalkan kalau ada kelas sebanyak 20 maka ruang kelas yang harus ada sebanyak 20 juga, sementara itu harus ada juga 20 orang guru yang masuk dan berada dikelas masing-masing.

    yang perlu diperhatikan adalah harus ada kemampuan mengelola komunikasi antara guru, kenapa? dg MC guru akan stuck diruangnya, nah bawaannya semakinjarang guru2 berkomunikasi.

  31. bagaimana respon siswa mengenai moving class??
    lebih bagus metode moving kelas atau yang seperti biasa ??

  32. baru di coba di wilayah kami, tampaknya ada tanda-tanda positif (siswa jadi lebih bersemangat mungkin karena berpindah-pindah kelas). mohon bantuannya referensi yang baku tentang moving kelas ini. trimakasih

  33. oh ya salam buat kawan-kawan di Cairo. I miss them all

  34. boleh minta refensi tentang moving class gag???klo iya ada kirim ke Ruli_jauharudin23@yahoo.com..tolong ya….

  35. bagaimana dengan moving class di sekolah dasar? bagaimana manajemen kelasnya dimana ada peljaran tematik yang merangkum bebrapa mata peajaran?

  36. apakah ada jurnal yang meneliti tentang sistem pembelajaran dengan moving class?? kalo memang ada, diterbitkan dalam jurnal apa??? tolong balas di email sasa karna jurnal penelitian tentang moving class sangan penting bagi saya untuk referensi skripsi.
    terimakasih..!!

  37. ass. apa ada buku yang khusus membahas tentang moving class? kalau ada, nama judul bukunya apa dan siapa pengarangnya ya?? terima kasih

  38. assalamu’alaikum, saya sedang menyusun skripsi ttg moving class, tlng krimi beberapa refrensi ttg moving class, terimakasih

  39. Saya lagi nyoba buat jadwal movingclass ternyata buntu. gimana solusinya?
    boleh minta bantuan dikirimi contoh jadwal yang ada. terima kasih atas bantuannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: